Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beroperasi Agustus 2023, Progres LRT Jabodebek Sudah 92,34 Persen

Kompas.com - 17/05/2023, 20:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Progres LRT Jabodebek saat ini sudah mencapai 92,34 persen dan tengah diupayakan pengerjaannya agar dapat beroperasi pada 17 Agustus 2023.

Saat ini progres LRT Jabodetabek memasuki tahap terakhir sebelum diujicobakan dengan penumpang secara terbatas pada 12 Juli mendatang.

Manager Public Relation KAI Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo mengatakan, sejak Senin (15/5/2023) lalu pihaknya sedang melakukan uji coba tanpa penumpang atau trial run.

Trial run adalah uji coba bukan hanya seperti saat beroperasi biasa, namun juga mencoba jika terjadi kondisi-kondisi yang tidak diinginkan seperti jika terjadi gangguan operasional.

Baca juga: Masih Tahap Uji Coba, LRT Jabodebek Kapan Beroperasi?

Jika pada tahapan ini terjadi gangguan operasional, maka pihaknya akan langsung mencari cara untuk mengatasi gangguan tersebut.

Dengan demikian, uji coba pada tahapan trial run ini dilakukan untuk memastikan seluruh sistem LRT Jabodebek berjalan dengan normal.

"(Progres LRT Jabodebek) 92,34 persen. Saat ini trial run yang kita kerjakan merupakan rangkaian kegiatan untuk melengkapi kesiapan operasional hingga 100 persen nantinya," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (17/5/2023).

Baca juga: LRT Jabodebek Mulai Uji Coba Tanpa Penumpang

Setelah proses trial run selesai pada 11 Juli 2023, progres LRT Jabodebek akan memasuki tahap uji coba dengan penumpang secara terbatas atau soft launching selama 12 Juli hingga 15-16 Agustus 2023.

Dia bilang, selama soft launching tersebut tarif LRT Jabodebek digratiskan bagi penumpang.

"Kita akan beroperasi melayani penumpang mulai 12 Juli, dimana 12 Juli sampai 15 Agustus akan dikenakan tarif Rp 0 dan dengan jumlah penumpang terbatas," ucapnya.

Namun dia tidak menjelaskan lebih lanjut bagaimana mekanisme untuk masyarakat bisa menjajal LRT Jabodebek saat soft launching tersebut.

"Nanti informasi bagi calon penumpang yang hendak mengikuti perjalanan pada masa tersebut akan kami infokan melalui akun medsos kami," jelasnya.

Baca juga: Besaran Tarif LRT Jabodebek Sedang Digodok, Salah Satunya soal Subsidi hingga 40 Persen


Adapun Jam operasional LRT Jabodebek selama masa soft launching ini mulai pukul 06.00 WIB hingga 22.00 WIB. Namun untuk rute selama masa uji coba masih dibahas oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Setelah progres LRT Jabodebek mencapai 100 persen, LRT Jabodebek bakal siap beroperasi secara komersial pada 17 Agustus 2023 dengan tarif yang ditetapkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Selanjutnya (setelah soft launching), baru full operasi dengan tarif sesuai jarak yang ditempuh," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com