Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Konser Coldplay Kena Pajak 15 Persen, Bukan PPN 11 Persen

Kompas.com - 18/05/2023, 07:51 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Penjualan tiket pre-sale konser Coldplay mulai dibuka pada 17-18 Mei 2023. Rebutan antrean pembelian alias war tiket pun melanda publik Tanah Air.

Sebagaimana diketahui, Coldplay yang merupakan grup musik asal London Inggris ini akan menggelar konser di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, pada 15 November 2023 mendatang.

Penjualan tiket presale melalui Bank BCA dilakukan lewat link coldplayinjakarta.com. Bagi nasabah BCA, dapat memanfaatkan momen presale untuk mendapatkan tiket lebih awal.

Selain pembelian tiket melalui Pre-sale BCA, penjualan tiket juga akan dirilis melalui Public On-Sale pada 19 Mei 2023 mendatang pukul 10:00 WIB.

Baca juga: Cerita Menang War Tiket Coldplay via BCA Hanya 13 Menit
'
Tiket konser tersebut dibagi ke beberapa kategori. Dengan harga mulai dari yang paling murah Rp 800 ribu hingga paling mahal Rp 11 juta. Tiket bahkan sudah dijual para calo di media sosial dan marketplace, tentunya dengan harga jauh lebih mahal.

Untuk pembelian tiket konser BCA nantinya hanya bisa dilakukan untuk empat tiket per transaksi atau alamat email. Sementara untuk informasi syarat dan ketentuan telah tersedia di website event.

Pajak tiket konser Coldplay

Yang perlu diketahui, setiap pembelian tiket konser musik akan dikenai pajak. Banyak yang beranggapan, tiket akan dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Namun untuk tiket konser, pajak yang berlaku sebenarnya bukan PPN 11 persen, melainkan adalah pajak daerah dengan besaran 15 persen.

Baca juga: Viral Tiket Konser Coldplay Dijual Rp 20 Juta, Tokopedia: Tak Sesuai Ketentuan

Tiket konser Coldplay dikenai pajak hiburan yang diatur dalam regulasi Pajak Barang dan Jasa Tertentu (PBJT) sesuai dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (HKPD).

"Tiket konser tidak dikenakan PPN dan bukan merupakan objek PPN, melainkan objek Pajak Daerah sesuai UU No. 1 Tahun 2022 tentang HKPD," tulis Ditjen Pajak dalam akun Instagram resminya, Kamis (18/5/2023).

PBJT sendiri berada di kewenangan pemerintah daerah, sehingga besarannya bisa berbeda-beda di masing-masing provinsi di Indonesia.

Karena konser akan diselenggarakan di kawasan GBK yang berada di Jakarta, maka besaran PBJT untuk pajak hiburan yang berlaku adalah 15 persen sesuai dengan ketentuan pajak DKI Jakarta.

Baca juga: War Tiket Konser Coldplay Pukul 10.00 WIB, Harga Mulai Rp 800.000

Dalam Pasal 50 UU HKPD disebutkan, objek PBJT merupakan penjualan, penyerahan, dan/atau konsumsi barang dan jasa tertentu yang meliputi:

a. Makanan dan/ atau Minuman;
b. Tenaga Listrik;
c. Jasa Perhotelan;
d. Jasa Parkir; dan
e. Jasa Kesenian dan Hiburan

Kemudian Pasal 55 Ayat 1 menyebutkan, Jasa Kesenian dan Hiburan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 50 huruf e meliputi:

a. tontonan film atau bentuk tontonan audio visual lainnya yang dipertontonkan secara langsung di suatu lokasi tertentu;
b. pergelaran kesenian, musik, tari, dan/atau busana;
c. kontes kecantikan;
d. kontes binaraga;
e. pameran;
f. pertunjukan sirkus, akrobat, dan sulap;
g. pacuan kuda dan perlombaan kendaraan bermotor;
h. permainanketangkasan;
i. olahraga permainan dengan menggunakan tempat/ruang dan/atau peralatan dan perlengkapan untuk olahraga dan kebugaran;
j. rekreasi wahana air, wahana ekologi, wahana pendidikan, wahana budaya, wahana salju, wahana permainan, pemancingan, agrowisata, dan kebun
binatang;
k. panti pijat dan pijat refleksi; dan
l. diskotek, karaoke, kelab malam, bar, dan mandi
uap/spa.

Kemudian Ayat 2 Pasal 55 UU HKPD menyebutkan, yang dikecualikan dari Jasa Kesenian dan Hiburan daro PBJT adalah Jasa Kesenian dan Hiburan yang semata-mata untuk:

a. promosi budaya tradisional dengan tidak dipungut
bayaran;
b. kegiatan layanan masyarakat dengan tidak dipungut
bayaran; dan/atau
c. bentuk kesenian dan hiburan lainnya yang diatur
dengan Perda.

Baca juga: PNS Nonton Coldplay, Menpan-RB: Lebih Baik Digunakan untuk Anggaran yang Lebih Produktif

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com