Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 5 Jenis Perlindungan Asuransi Sebelum Nonton Konser Coldplay

Kompas.com - 18/05/2023, 16:10 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Demam konser Coldplay yang diselenggarakan di Indonesia kini tengah merajalela di berbagai kalangan. Tentu saja, rata-rata masyarakat berharap bisa menjadi saksi penampilan keren Chris Martin cs di Ibu Kota Jakarta.

Perebutan tiket konser Coldplay pun telah dimulai sejak 17 Mei hingga kini. Tapi jangan lupa memastikan diri terlindungi proteksi asuransi sebelum menonton konser. Pasalnya, ada beragam risiko yang tidak diinginkan saat penyelenggaraan konser.

"Karena itu, sudah saatnya para promotor dan penonton sadar pentingnya tiket konser memberikan jaminan proteksi asuransi," ujar Co-Founder sekaligus CMO Lifepal.co.id, Benny Fajarai dalam keterangan tertulis, Kamis (18/5/2023).

Baca juga: Tiket Konser Coldplay Kena Pajak 15 Persen, Bukan PPN 11 Persen

Kata Benny, sebagai perlindungan dari berbagai risiko, ada banyak jenis asuransi konser yang penting untuk dimiliki sebelum menonton.

"Asuransi konser merupakan jenis asuransi yang dirancang khusus untuk melindungi penyelenggara konser, promotor, dan musisi terhadap risiko keuangan yang terkait dengan penyelenggaraan konser atau acara musik," jelasnya.

Asuransi ini lanjut Benny, memberi proteksi terhadap beragam risiko yang dapat terjadi sebelum, selama, dan setelah konser. Seperti pembatalan acara, cidera fisik artis, kerusakan peralatan, atau tanggung jawab hukum.

Karena pentingnya produk proteksi tersebut, berikut ini adalah lima jenis pertanggungan produk proteksi konser:

1. Pembatalan atau penundaan acara pertunjukan musik

Asuransi konser dapat melindungi Anda dari kerugian finansial akibat pembatalan atau penundaan acara.

Misalnya, jika musisi utama mengalami cidera dan tidak dapat tampil atau terjadi bencana alam yang memaksa pembatalan konser maka asuransi tersebut dapat membantu mengganti biaya yang sudah dikeluarkan, seperti biaya sewa tempat atau biaya promosi.

2. Musisi mengalami cidera atau jatuh sakit

Jika musisi mengalami cidera fisik atau sakit yang mencegahnya tampil dalam konser maka jenis asuransi satu ini dapat menutupi biaya penggantian.

3. Peralatan festival musik mengalami kerusakan

Selain itu, memberi perlindungan terhadap kerusakan, kehilangan, atau pencurian peralatan yang digunakan dalam festival musik. Dengan asuransi konser, dapat mengklaim biaya perbaikan atau penggantian peralatan tersebut.

Baca juga: Cerita Menang War Tiket Coldplay via BCA Hanya 13 Menit

4. Tanggung jawab hukum

Asuransi konser juga dapat melindungi penyelenggara konser dari tuntutan hukum yang mungkin timbul akibat cidera fisik atau kerugian materiil yang dialami oleh penonton atau pihak ketiga lainnya selama konser.

Biaya ini termasuk untuk membayar pengacara dan ganti rugi yang mungkin harus Anda bayar.

5. Asuransi cuaca

Produk proteksi ini akan melindungi Anda sebagai konsumen dari beragam kerugian finansial jika konser harus dibatalkan atau ditunda akibat kondisi cuaca buruk.

Baca juga: Viral Tiket Konser Coldplay Dijual Rp 20 Juta, Tokopedia: Tak Sesuai Ketentuan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com