Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Jalan Trans Papua Ruas Jayapura-Wamena Ditargetkan Rampung 2024

Kompas.com - 19/05/2023, 20:10 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan Jalan Trans Papua ruas Jayapura-Wamena akan selesai pada 2024.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan, hingga saat ini masih ada sekitar 50 kilometer ruas Jayapura-Wamena yang belum diaspal.

Adapun panjang jalan Trans Papua ruas Jayapura-Wamena mencapai 575,14 kilometer. Mengutip Kompas.id, hingga April 2023 masih ada 75 km jalan yang belum dilapisi aspal.

"Kita inginnya sih 2024 semoga bisa selesai ya. Bukan semuanya,Jayapura-Wamena yang kita utamakan," ujarnya saat ditemui di Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (19/5/2023).

Baca juga: Kementerian PUPR: Pemprov Lampung Tidak Mampu Perbaiki Jalan Rusak

Dia menyebut, pembangunan jalan Trans Papua ini akan menggunakan beberapa skema pendanaan, yaitu dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), surat berharga syariah negara (SBSN), dan kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) dengan pengembalian investasi berupa availability payment (AP).

Namun khusus untuk ruas Jayapura-Wamena hanya ada skema SBSN dan KPBU dimana pembiayaan dengan SBSN sudah berjalan dan yang saat ini pembangunannya sedang dipersiapkan akan didanai dengan KPBU.

Dengan skema KPBU, artinya pemerintah membuka kemungkinan pendanaan dari swasta. Dia bilang, saat ini sudah ada pihak swasta yang berminat untu berinvestasi.

Baca juga: Soal Nasib IKN di Tahun Pemilu 2024, Menteri PUPR: Tak Ada Urusan

"Masih cukup banyak itu (yang belum diaspal), saya gak hafal. KPBU sendiri kalau gak salah masih sekitar 50an sampai 100 km yang akan kita bereskan, sisanya sudah bagus," ucapnya.

Ruas Jayapura-Wamena memiliki peran vital karena menyambungkan daerah pesisir dengan pegunungan. Dari Jayapura, kendaraan melintasi Keerom, Yalimo, hingga Wamena di Papua Pegunungan.

Hal tersebut membuat Kementerian PUPR mengutamakan penyelesaian pembangunan ruas Jayapura-Wamena. "Kita (kerjakan) yang lainnya juga iya, tapi yang kita fokuskan Jayapura-Wamena itu gimana bisa tembus sehingga menekan jalan daerah," kata dia.

Sebagai informasi, Kementerian PUPR akan melelang proyek jalan Trans Papua ruas Jayapura-Wamena sepanjang 50 km dengan skema KPBU Availability Payment (AP).

Setelah pada September 2022 telah diselenggarakan penjajakan minat pasar untuk proyek pembangunan jalan Trans Papua ruas Jayapura-Wamena segmen Mamberamo-Elelim melalui skema KPBU AP.

Adapun proyek pembangunan ruas Jayapura-Wamena segmen Mamberamo-Elelim sepanjang 50,14 km ini memiliki nilai investasi Rp 3,526 triliun dan masa konsesi 15 tahun.

Baca juga: Perbaikan Jalan Rusak di Daerah Juni 2023, Pemerintah Siapkan Rp 14,9 Triliun

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com