Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bursa Kripto Meluncur Juni 2023, Ada 3 Perusahaan yang Sudah Mendaftar

Kompas.com - 20/05/2023, 16:10 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Bappebti Didid Noordiatmoko mengungkapkan, bursa berjangka komoditi kripto akan meluncur pada Juni 2023.

Menurut dia, target peluncuran bursa kripto itu sesuai dengan arahan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

"Bursa kripto ditargetkan, pak Menteri Perdagangan kadang-kadang bilang Juni-Juli, tetapi Juli ya semakin lama semakin bagus. Saya optimis Juni atau Juli," katanya, dalam jumpa pers, Jumat (19/5/2023).

Lebih lanjut Didid mengatakan, saat ini sudah ada tiga perusahaan yang menjadi calon bursa kripto tersebut. Sayangnya ia masih pelit bicara dan menyebutkan apa saja perusahaan tersebut.

Baca juga: Ombudsman Minta Bappebti Ditegur soal Bursa Kripto, Zulhas: Sudah, Setiap Hari

"Saat ini ada 3 pendaftar untuk bursa kripto, tetapi tiga ini masih belum siap. Tetapi tidak kami biarkan begitu saja, kami dorong tiga perusahaan ini. Yang siap duluan kami menjadi bursa Juni atau paling lambat Juli," jelasnya.

Walau demikian, Didid mengatakan, pihaknya tetap melakukan proses pendaftaran dengan prinsip kehati-hatian sebelum nantinya bursa kripto ini dialihkan ke Otoritas Jasa Keuangan.

Adapun pengaturan dan pengawasan terhadap perdagangan aset kripto dan derivatifnya akan dialihkan dari Bappebti ke Otoritas Jasa Keuangan. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Jasa Keuangan (UU P2SK) Nomor 4 Tahun 2023 (UU No.4/2023).

"Tentu kita berhati-hati dan proses pengalihan pengawasan kripto seminimal mungkin tidak mengganggu pelaku industri," ucapnya.

Baca juga: Ombudsman: Ekosistem Bursa Kripto Harus Dibangun demi Lindungi Masyarakat

Saat ini, pihaknya sedang menyusun Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) bersama Kementerian Keuangan, Badan Kebijakan Perdagangan, Bank Indonesia, Kebijakan Fiskal dan kementerian serta lembaga terkait lainnya.

RPP tersebut akan mengatur mekanisme pengalihan dari Bappebti ke OJK.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) menyebut bursa kripto akan meluncur sebelum Juni 2023. Menurutnya, tidak ada kendala pada pendirian bursa kripto, sehingga ia optimistis bakal meluncur sesuai target

“Kan baru moratorium dicabut, sekarang lagi persiapan. Kita lihat lagi nih mana yang kira-kira layak. Sebelum Juni ini nanti sudah akan ada bursanya. Saya akan launching bursa kripto sebelum Juni,” kata Mendag Zulhas saat jumpa pers di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Kamis (2/2/2023).

Baca juga: Mendag Zulhas: Sebelum Juni 2023 RI Bakal Punya Bursa Kripto

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com