Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genjot Ekspor Emas, Hartadinata Gaet Mitra Baru di India

Kompas.com - 20/05/2023, 21:10 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA) menyepakati kerja sama untuk ekspor perhiasan emas dengan perusahaan refinery emas dan perak di India, Bright Metal Refiners (Bright Gold).

Targetnya, kerja sama Hartadinata ini bisa menambah sekitar 2 ton ekspor emas perhiasan ke India.

Direktur Utama Hartadinata Abadi Sandra Sunanto mengatakan, penjualan sekitar 2 ton dari ekspor perhiasan emas berkadar 91,6 persen kepada Bright Gold itu akan berjalan selama 2 bulan dimulai dari Mei 2023 dan dapat diperpanjang.

Baca juga: Ditopang Penjualan Emas, Hartadinata Abadi Catat Pertumbuhan Laba Bersih 37,8 Persen Kuartal I-2023

Ia menuturkan, peningkatan kontribusi ekspor dari Bright Gold lebih tinggi dibandingkan dengan partner dari India sebelumnya, dan ditargetkan dapat berkontribusi sebanyak 400-500 kilogram perhiasan emas per-bulan.

"Kami optimis bahwa aktivitas ekspor dapat semakin mendorong pertumbuhan bisnis HRTA di 2023. Kami terbuka untuk peluang kerjasama dengan mitra-mitra ekspor dari mancanegara ke depannya,” ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (20/5/2023).

Nilai komersial atas transaksi ekspor perhiasan emas itu diestimasikan berkontribusi sebesar 123,66 juta dollar AS atau setara dengan Rp 1,82 triliun terhadap pendapatan konsolidasian perseroan.

Baca juga: Gandeng EAI, Produsen Emas Hartadinata Abadi Luncurkan Produk Emasku

Seiring dengan peningkatan kontribusi ekspor perhiasan, Sandra melihat pendorong pertumbuhan bisnis perseroan juga berasal dari implikasi positif di dalam negeri yang didukung oleh insentif pemerintah.

Insentif itu berupa pembebasan pajak penghasilan (PPh) bagi pembeli akhir emas batangan dan penurunan pajak pajak pertambahan nilai (PPN) untuk perhiasan emas.

"Dukungan aktif dari Pemerintah berdampak positif bagi bisnis Perseroan baik di dalam negeri maupun ke luar negeri," tutupnya.

Baca juga: Bursa Kripto Meluncur Juni 2023, Ada 3 Perusahaan yang Sudah Mendaftar

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com