Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai dari G7 Jepang, Luhut Sambangi China, Bujuk 2 Perusahaan Ini Investasi di RI

Kompas.com - 22/05/2023, 15:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan usai mendampingi kegiatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada gelaran G7 di Hiroshima, Jepang, langsung berangkat menuju ke China.

Di sana, Luhut mengunjungi dua perusahaan yaitu Wanhua Chemical dan Walsin Lihwa Corporation. Tentu saja, kedatangannya bertujuan mengajak perusahaan tersebut berinvestasi ke Indonesia.

"Karena kedua perusahaan ini aktif dalam research & development yang berfokus pada peningkatan efisiensi produksi dan pengembangan produk baru, saya yakin mereka akan tertarik dengan penawaran yang kami berikan," ujarnya dikutip dari Instagram @luhut.pandjaitan, Senin (22/5/2023).

Baca juga: Ajak JCI Investasi di RI, Erick Thohir: Kita Membutuhkan Satu Sama Lain

Perwakilan dari Wanhua Chemical lanjut Luhut, pernah berkunjung ke Tanah Air bertemu dengannya. Atas pertemuan itu, Luhut berupaya meyakinkan lagi. Wanhua Chemical merupakan perusahaan kimia yang memproduksi isosianat.

Isosianat sendiri adalah bahan kimia yang digunakan dalam produksi poliuretan, salah satu jenis plastik yang digunakan dalam berbagai produk, mulai dari busa furniture, pelapis otomotif, hingga pesawat terbang.

"Satu minggu sebelumnya, mereka (Wanhua Chemical) mengirim perwakilannya ke Indonesia dan hari ini saya datang kembali untuk meyakinkan dan mengajak mereka agar segera masuk dan berinvestasi di Indonesia," lanjut Luhut.

Baca juga: Kemendes PDTT Diminta Gaet Investasi dan Tak Andalkan APBN untuk Kembangkan Kawasan Transmigrasi


Sedangkan Walsin Lihwa Corporation, perusahaan multinasional yang beroperasi dalam bidang produksi baja nirkarat, tembaga, dan kabel listrik.

"Saat ini Walsin sudah membangun pabrik pengolahan Stainless Steel dan Nickel Matte di Kawasan Industri Morowali dan Wedabay, dan saya akan terus merayu mereka untuk kembali melipatgandakan investasinya di Indonesia," ucap Luhut.

Luhut pun berharap, kunjungannya tersebut menuai hasil terutama dalam hal investasi.

"Saya berharap perjalanan panjang saya ke Tiongkok akan menghasilkan multiplier effect bagi masyarakat Indonesia terutama dalam hal transfer teknologi yang akan mendorong peningkatan mutu industri dalam negeri," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com