Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pra Forum Kapnas 2023, Upaya Dukung SKK Migas Tingkatkan Produksi Migas Nasional

Kompas.com - 22/05/2023, 17:29 WIB
Aprillia Ika

Editor

SURABAYA, KOMPAS.com - Perhelatan Pra Forum Kapasitas Nasional (Pra Forum Kapnas) tahun 2023 rangkaian ke-3, diharapkan menjadi wadah para pelaku usaha untuk saling berintegrasi dan berkolaborasi mewujudkan target SKK Migas mencapai produksi minyak 1 juta barrel per hari (bph) dan 12 miliar gas standar kaki kubik per hari (bscfd) pada tahun 2030.

Hal ini sesuai dengan tajuk yang diusung Pra Forum Kapasitas Nasional tahun 2023, yaitu Pengembangan Integrasi Kapabilitas Dalam Negeri dalam rangka Peningkatan Kapasitas Nasional.

“Kami siap mendukung SKK Migas melalui layanan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) guna mewujudkan upaya peningkatan penggunaan produk barang/ jasa dalam negeri," kata Direktur Utama PT Sucofindo Jobi Triananda melalui keterangannya, Senin (22/5/2023).

Dalam layanan TKDN, BUMN inspeksi ini siap membantu untuk konsultansi dan sosialisasi secara masif. Hal tersebut dilakukan guna menjaring objek verifikasi sebanyak-banyaknya dan tidak terbatas pada sertifikasi TKDN barang.

“Untuk menyukseskan program TKDN, Sucofindo memiliki infrastruktur, auditor yang terakreditasi, serta pengalaman yang mumpuni untuk melayani jasa verifikasi TKDN. Untuk kedepannya kami akan terus berkomitmen memberikan layanan terbaik untuk sertifikasi TKDN,” lanjut Jobi.

Baca juga: SKK Migas Targetkan Investasi Eksplorasi Capai Rp 45 Triliun

Dia menambahkan, dalam mendukung SKK Migas untuk meningkatkan kapabilitas dalam negeri, Sucofindo juga memberikan pelayanan TIC (Testing, Inspection, and Certification) dari hulu ke hilir di sektor Migas.

Layanan TIC hulu-hilir seperti layanan Inspeksi Peralatan dan Instalasi Industri Minyak dan Gas Bumi, Quality Assurance (QA))/ Quality Control (QC) untuk Fasilitas Industri Minyak dan Gas, Pertambangan dan Pembangkit Listrik, dan uji tanpa rusak (NDT).

Kemudian ada layanan TIC di bidang lingkungan dan sosial, seperti layanan Kajian, Audit Lingkungan dan Monitoring Pengelolaan Lingkungan Terpadu, Audit Energi Bangunan, konsultansi Environmental, Social and Governance (ESG).

Kemudian layanan Konsultasi Pencapaian PROPER, Assurance Sustainibilty Report (ASR), layanan SUCOFINDO untuk Verifikasi dan Validasi terhadap statement Emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

Serta, layanan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) maupun Corporate Social Responsibility (CSR) Korporat melalui perhitungan dampak program TJSL melalui metode SROI.

Baca juga: SKK Migas Proyeksi Tren Harga Minyak Mentah Masih Akan Tinggi

 

Layanan pemeriksa halal

Pada Pra Forum Kapasitas Nasional tahun 2023 rangkaian ke-3 ini, juga diadakan penyerahan sertifikat halal kepada UMKM mitra binaan SKK Migas.

“Kami turut mendampingi dan melakukan audit untuk proses sertifikasi halal mitra binaan SKK Migas, sesuai dengan peranan kami sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) Utama," lanjut Jobi.

Ia berharap dengan diraihnya sertifikat halal ini, mampu membantu mitra binaan SKK Migas meningkatkan kapasitas bisnis. "Selanjutnya, kami berkomitmen siap mendukung target SKK Migas lainnya melalui layanan TIC kami,” pungkas Jobi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com