Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BSI Tebar Dividen Tunai Senilai Rp 426 Miliar

Kompas.com - 22/05/2023, 19:30 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dengan kode emiten BRIS akan membagikan dividen dari laba bersih tahun buku 2022, senilai Rp 426 miliar. Hal ini disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar secara virtual, Senin (22/5/2023).

“Dalam RUPS, pemegang saham menyetujui pembagian dividen tunai sebesar 10 persen dari laba bersih tahun 2022, dengan besaran Rp 426 miliar, ekivalen dengan Rp 9,24 per lembar saham,” kata Direktur Utama BSI Hery Gunardi.

RUPS juga menyetujui penggunaan laba bersih tahun buku 2022 BSI diantaranya, 20 persen untuk cadangan wajib perseroan, dan 70 persen sisanya akan digunakan sebagai leba ditahan.

Baca juga: BSI Tunjuk Mantan Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad Sebagai Komut

Sepanjang tahun 2022, BSI mencatatkan perolehan laba bersih sebesar Rp 4,26 triliun atau tumbuh 40,68 persen dibandingkan laba bersih periode sama tahun sebelumnya Rp 3 triliun.

Selain itu, Dana Pihak Ketiga atau DPK juga mengalami kenaikan, sebesar 12 persen secara tahunan menjadi Rp 261,49 triliun. Sementara itu, penyaluran pembiayaan tumbuh 21 persen yakni sebesar Rp 208 triliun.

Sepanjang tahun 2022, BSI juga mempu menekan ratio pembiayaan bermasalah, yang tercermin dari indeks NPF (Non Performing Financing) gross BSI di level 2,42 persen atau turun dari sebelumnya 2,93 persen.

Baca juga: Menilik Langkah Perlindungan Konsumen BSI, OJK sampai Bareskrim Ambil Bagian


NPF nett juga turun menjadi 0,57 persen, dan pencadangan yang tercermin dalam NPF Coverage naik dari 148,8 persen menjadi 183,12 persen.

“Capaian yang impresif di tahun kedua kelahiran BSI merupakan hasil kerja yang solid dan strategi respon yang tepat (strategic response) di tengah berbagai tantangan ekonomi pada 2022,” tegas Hery.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com