Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AP I Siapkan 6 Bandara untuk Embarkasi dan Debarkasi Haji 2023, Simak Daftarnya

Kompas.com - 23/05/2023, 11:12 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I (Persero) menyiapkan 6 bandara yang menjadi bandara embarkasi dan debarkasi untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, keenam bandara tersebut telah disiapkaan untuk melaksanakan Angkutan Udara Jemaah Haji 2023.

Baca juga: 100 Persen Jemaah Sudah Lunasi Biaya Haji 2023, Menag: Sekarang Fokus Kuota Tambahan

AP I bersama seluruh instansi dan stakeholder terkait telah berkoordinasi dalam pelayanan penerbangan Angkutan Udara Jamaah Haji di tahun ini.

"Kami secara khusus juga memastikan kesiapan infrastruktur bandara pendukung pelayanan Angkutan Udara Jamaah Haji selama proses embarkasi dan debarkasi," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (22/5/2023).

Adapun enam bandara tersebut yakni:

  • Bandara Adi Soemarmo Solo
  • Bandara Juanda Surabaya
  • Bandara Sultan Hasanuddin Makassar
  • Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan
  • Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin
  • Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok.

Faik menyebutkan, pihaknya juga melakukan penyesuaian jam operasional bandara, penyesuaian kategori fasilitas Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF) sesuai dengan tipe pesawat terbesar yang digunakan, menyiapkan peralatan keamanan penerbangan di Asrama Haji, dan memastikan kesiapan personel operasional.

Dari sisi keamanan, AP I mempersiapkan sebanyak 1.690 personel operasional yang terdiri dari personel Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF), airport security (Avsec), dan personel operasional yang bertugas di area sisi udara.

Dari total 1.690 personel, sebanyak 127 personel Avsec akan bertugas khusus untuk melaksanakan pemeriksaan barang bawaan dan calon jamaah Haji di Asrama Haji. Proses pemeriksaan keamanan yang berlokasi di Asrama Haji tersebut ditujukan untuk kelancaran dan ketepatan proses keberangkatan calon jamaah Haji.

Adapun pelaksanaan embarkasi Angkutan Udara Jamaah Haji 2023 di bandara Angkasa Pura I akan dimulai 24 Mei hingga 22 Juni 2023, serta pelaksanaan debarkasi akan dimulai 4 Juli hingga 3 Agustus 2023.

Rencananya sebanyak 102.696 calon jamaah Haji akan dilayani pada tahun ini. Jumlah tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 119 persen dibandingkan dengan 2022 yang mencapai 46.881 calon jamaah Haji.

Berdasarkan ketetapan dari Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, AP I akan melayani sebanyak 269 kloter, dengan rincian Bandara Adi Soemarmo Solo melayani 95 kloter dan Bandara Juanda Surabaya melayani 84 kloter.

Kemudian Bandara Sultan Hasanuddin Makassar melayani 41 kloter, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan melayani 20 kloter, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin melayani 17 kloter, dan Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok melayani 12 kloter.

Baca juga: RI Dapat Tambahan Kuota Jemaah Haji, Kontrak Penerbangan Akan Disesuaikan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com