Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Memaksimalkan Digitalisasi UMKM

Kompas.com - 24/05/2023, 11:37 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penguatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki berbagai tantangan, salah satunya yakni persaingan di era digital.

Oleh karena itu, perlu upaya bersama untuk memaksimalkan digitalisasi UMKM agar pelaku UMKM bisa terus berkembang.

Salah satunya lewat kolaborasi perusahaan rintisan tanda tangan digital tersertifikasi dan identitas digital Privy dengan BukuWarung.

"Kami sangat bangga menjadi mitra identitas digital pilihan BukuWarung, juara dalam Digitalisasi UMKM untuk membantu BukuWarung memverifikasi pelanggan mereka," ujar CEO Privy Marshall Pribadi melalui siaran pers, Rabu (24/5/2023)

Baca juga: RI Terima Hibah Rp 9,52 Triliun dari AS, Dananya Bakal Mengalir ke UMKM

"Kami berharap dapat menciptakan kolaborasi yang baik dengan teknologi Privy dan 37 juta basis pengguna yang telah kami verifikasi.” sambungnya.

Perjanjian kerja sama antara Privy dan BukuWarung meliputi layanan verifikasi identitas secara online untuk pengguna BukuWarung.

Lewat verifikasi identitas secara online, proses onboarding pengguna dapat dilakukan dari mana saja dengan waktu yang lebih cepat

Selain itu, diharapkan terjamin keaslian identitasnya sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya penyalahgunaan, pemalsuan identitas, serta kejahatan siber lainnya.

VP Strategic Partnership, Compliance and Legal BukuWarung, Romy Williams mengatakan integrasi sistem pengenalan wajah Privy akan memudahkan terjadinya verifikasi identitas yang instan dan akurat yang mendukung kecepatan dan keamanan dari layanan keuangan BukuWarung.

Baca juga: ASEAN Youth Agenda 2023 Pertemukan Startup dan UMKM Lintas Negara

"Sekarang, pelaku UMKM pengguna BukuWarung akan dapat dengan cepat dan nyaman mendaftar untuk layanan dengan proses verifikasi yang aman dan sesuai dengan peraturan pemerintah,” kata Romy.

Adapun BukuWarung telah dipercaya oleh lebih dari delapan juta pengguna di Indonesia.

Pelaku UMKM menggunakan aplikasi keuangan all-in-one BukuWarung untuk menyederhanakan dan mendigitalkan proses bisnis, pembayaran, dan mendapatkan akses ke pinjaman.

Selain itu, BukuWarung juga membangun komunitas untuk tumbuh bersama dengan para pengguna dan mendorong inklusi keuangan bagi masyarakat Indonesia.

Baca juga: Ada Konser Coldplay di RI, Sandiaga: Berdampak terhadap Ekonomi Masyarakat dan UMKM

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com