Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KAI Logistik Sediakan Layanan "Freight Forwarding"

Kompas.com - 24/05/2023, 17:42 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - KAI Logistik, sebagai salah satu anak usaha KAI menghadirkan layanan freight forwarding untuk konektivitas antar pulau.

Direktur Utama KAI Logistik TLN Ahmad Malik Syah mengungkapkan, layanan freight forwarding ini merupakan langkah strategis perseroan dalam menangkap pangsa pasar, mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga kebutuhan dan mobilitas antar pulau sangat tinggi.

“Layanan freight forwarding ini menjadi wujud komitmen kami dalam menghadirkan layanan logistik yang mudah dengan beragam opsi moda transportasi. Tingginya permintaan pengiriman lintas pulau, mendorong kami untuk mampu menghadirkan layanan logistik berbasis multimoda, salah satunya melalui freight forwarding yang baru saja dioperasikan di tahun 2023 ini," ujarnya dalam siaran persnya, Rabu (24/5/2023).

Baca juga: Uji Coba Berlanjut, Kereta Cepat Bakal Melaju hingga 385 Km Per Jam

Menurut Malik, layanan freight forwarding ini juga sejalan dengan tagline ispossible perusahaanya, yaitu apapun mungkin dengan KAI Logistik termasuk konektivitas antar pulau yang sebelumnya, belum dapat terpenuhi oleh moda kereta api.

Hal ini juga telah terakomodir melalui Izin Usaha Angkutan Multimoda dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang telah dikantongi KAI Logistik sejak 2021.

Malik menambahkan, pada sisi bisnis korporasi, layanan freight forwarding diharapkan mampu menyumbang pendapatan setidaknya 5 persen dari target pendapatan tahun 2023 sebesar Rp 1,2 triliun.

Pada tahap awal, layanan freight forwarding ini masih melayani cakupan domestik dengan menghubungkan Pulau Jawa ke lebih dari 30 kota di Indonesia yang tersebar di Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Bali dan Papua.

Ke depan, lanjutnya, layanan freight forwarding ini juga akan menyasar tujuan internasional, dimulai dari Asia. Layanan freight forwarding ini melayani pengiriman kargo lokal antar pulau dengan menggunakan moda trasportasi kapal laut menggunakan kontainer dengan beberapa jenis layanan diantaranya Less Container Load dan Full Container Load dengan fasilitas Port to Port, Door to Door, dan kombinasinya.

Baca juga: KAI Bagikan 10 Tiket Eksekutif Gratis, Simak Syarat dan Ketentuannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com