Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri ESDM: Ada 7 Proyek Smelter Bauksit yang Masih Berupa Tanah Lapang

Kompas.com - 24/05/2023, 21:12 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan, ada 7 proyek fasilitas pemurnian atau smelter bauksit yang progres pembangunannya tidak sesuai dengan yang dilaporkan kepada pemerintah.

Proyek-proyek smelter itu masih berupa tanah lapang, berbeda dengan yang dilaporkan bahwa progres pembangunannya sudah mencapai 32-66 persen.

Ia menuturkan, pada dasarnya untuk mineral bauksit, telah direncanakan pembangunan 12 smelter, yang mana 4 smelter di antaranya telah beroperasi. Sementara 8 sisanya masih dalam tahap pembangunan.

Baca juga: Pengembangan Smelter Nikel di RI Terganjal Masalah Pendanaan

"Namun, berdasarkan peninjauan lapangan, terdapat perbedaan signifikan dengan hasil verifikasi dari verifikator indenden, 7 smelter masih berupa tanah lapang," kata Arifin dalam Rapat Kerja bersama Komisi VII DPR di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (24/3/2023).

Adapun 7 smelter itu masing-masing dibangun oleh PT Quality Sukses Sejahtera, PT Dinamika Sejahtera Mandiri, PT Parenggean Makmur Sejahtera, PT Persada Pratama Cemerlang, PT Sumber Bumi Marau, PT Kalbar Bumi Perkasa, serta PT Laman Mining.

Sementara untuk satu smelter yakni yang dibangun PT Borneo Alumina Indonesia, terdapat kemajuan pembangunan. Proyek ini dalam tahap melakukan piling, equipment manufacturing, dan pengiriman long lead item untuk mendukung kemajuan konstruksi.

Berikut rincian pembangunan 7 smelter bauksit yang masih berupa tanah lapang:

1. Smelter PT Quality Sukses Sejahtera

Smelter yang berlokasi di Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat ini berdasarkan perhitungan verifikator, progresnya mencapai 65,65 persen per November 2022.

Namun, kondisi proyek masih berupa lapangan terbuka atau tanah merah. Progresnys baru berupa infrastruktur pendukung seperti akses jalan, mess, kantor, laboratorium dan gudang.

2. Smelter PT Sejahtera Dinamika Mandiri

Smelter yang berlokasi di Kecamatan Toba, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat ini berdasarkan perhitungan verifikator progresnya mencapai 58,55 persen per Maret 2022.

Namun, kondisi proyek masih berupa lapangan terbuka dan sedang proses penimbunan atau pengerasan.

3. Smelter PT Parenggean Makmur Sejahtera

Smelter yang berlokasi di Kecamatan Campaga dan Campaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah ini, berdasarkan perhitungan verifikator progresnya mencapai 58,13 persen per Mei 2022.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com