Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengaktifkan Kembali M-Banking BCA Terblokir Tanpa Harus ke Bank

Kompas.com - Diperbarui 04/11/2023, 21:36 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Cara mengaktifkan kembali m-banking BCA yang terblokir bisa dilakukan tanpa harus datang ke kantor cabang. Informasi ini penting untuk diketahui oleh nasabah yang lupa kode akses sehingga membuat m-banking BCA terblokir.

Di era digital seperti sekarang, keberadaan m-banking BCA tentu dibutuhkan oleh nasabah. Melalui m-banking BCA, nasabah dapat melakukan berbagai transaksi dengan mudah, mulai dari transfer uang, cek saldo, mutasi rekening, top up dompet digital, hingga bayar-bayar tagihan. 

Dengan mengaktifkan m-banking BCA atau BCA mobile, nasabah juga tidak perlu khawatir apabila lupa membawa kartu ATM BCA. Pasalnya, ada fitur setor tunai dan tarik tunai tanpa kartu yang bisa diakses di BCA mobile.

Baca juga: Bahlil Ancam Kurangi Insentif Jika Investor Salurkan Dana lewat Pihak Ketiga

Meski begitu, nasabah tidak dapat menggunakan fitur-fitur di atas apabila m-banking BCA terblokir. Salah satu penyebabnya adalah nasabah salah memasukkan kode akses BCA mobile 3 kali secara berturut-turut. 

Kode akses adalah kode pribadi bagi nasabah yang menggunakan fasilitas m-BCA pada BCA mobile. Apabila lupa kode akses BCA Mobile, maka nasabah tidak bisa menggunakan fasilitas m-BCA.

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan kembali m-banking BCA yang terblokir? 

Hal pertama yang harus dilakukan m-banking BCA terblokir adalah tetap tenang dan jangan panik. Karena kepanikan justru akan memperburuk situasi dan kondisi.

Baca juga: Erick Thohir Rombak Jajaran Direksi AirNav, Ini Susunannya

Cara mengaktifkan kembali m-banking BCA terblokir

Dilansir dari laman resmi BCA, berikut adalah cara mengaktifkan kembali m-banking BCA yang terblokir: 

  • Buka aplikasi BCA mobile
  • Pilih m-BCA atau menu (i) di pojok kanan atas
  • Pilih “Verifikasi”
  • Klik “Accept” untuk syarat dan ketentuan penggunaan mobile banking
  • Masukkan nomor kartu ATM BCA
  • Kirim SMS ke 69888 sesuai arahan untuk verifikasi
  • Lanjutkan dengan membuat kode akses baru seperti proses aktivasi awal.
  • BCA mobile akan bisa diakses kembali.

Cara mengaktifkan kembali m-banking BCA yang terblokir tanpa harus ke bank serta tips agar tidak lupa kode PIN, kode akses, atau password.Dok BCA Cara mengaktifkan kembali m-banking BCA yang terblokir tanpa harus ke bank serta tips agar tidak lupa kode PIN, kode akses, atau password.

Pilihan lain dari cara mengaktifkan kembali m-banking BCA yang terblokir adalah dengan menghubungi Halo BCA untuk mendapatkan bantuan reset kode akses secara manual.

Adapun kontak Halo BCA yang dapat dihubungi di antaranya via WhatsApp Bank BCA di +62811-1500-998, telepon langsung 1500888 (tanpa imbuhan atau kode apapun di depannya) atau via aplikasi haloBCA (bebas pulsa).

Baca juga: Cara Menghitung Tagihan Listrik lewat HP dengan Mudah

Setelah terhubung dengan Call Center BCA, sampaikan permasalahan kepada petugas. Nantinya petugas Call Center BCA akan melakukan verifikasi data dan identitas nasabah. Setelah itu, ikuti prosesnya hingga selesai.

Tips agar tidak lupa PIN atau kode akses atau password

Nah, berikut ini adalah tips agar tidak lupa PIN, kode akses, atau password:

  • Pergunakan PIN ataupun kode akses yang mudah diingat namun bukan tanggal lahir atau data yang mudah orang lain ketahui.
  • Untuk mudah diingat, banyak cara yang dilakukan. Salah satunya, cari suatu kata yang Anda selalu ingat dan kata tersebut terkait erat dengan kode akses tersebut.

Baca juga: Mulai 1 Juni, KCI Tambah Operasional KA Bandara Soekarno Hatta jadi 56 Perjalanan

Demikian informasi seputar cara mengaktifkan kembali m-banking BCA yang terblokir tanpa harus ke bank serta tips agar tidak lupa kode PIN, kode akses, atau password.

Cara mengaktifkan kembali m-banking BCA yang terblokir tanpa harus ke bank serta tips agar tidak lupa kode PIN, kode akses, atau password.bca.co.id Cara mengaktifkan kembali m-banking BCA yang terblokir tanpa harus ke bank serta tips agar tidak lupa kode PIN, kode akses, atau password.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com