Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub: Pembangunan LRT Jakarta Rute Velodrome-Manggarai Dimulai Tahun Ini

Kompas.com - 25/05/2023, 13:05 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rute Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta akan diperpanjang dari Stasiun Velodrome hingga Stasiun Manggarai. Rute ini ditargetkan mulai beroperasi pada Agustus 2024.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan LRT Jakarta rute Velodrome-Manggarai akan dimulai tahun 2023.

"Insya Allah tahun ini akan dimulai," ujar Menhub kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (24/5/2023).

Hal yang sama diungkapkan oleh Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati. Dia bilang, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk pembangunan LRT Jakarta rute Velodrome-Manggarai.

Baca juga: LRT Jabodebek Beroperasi 17 Agustus 2023, Ini PR yang Harus Diselesaikan

"Kita sudah bicarakan intens juga bersama Pj Gubernur (DKI Jakarta). Mungkin tahun ini atau tahun depan," kata Adita di kesempatan yang sama.

Kendati demikian, saat ini pemerintah tengah memprioritaskan penyelesaian pembangunan LRT Jabodebek yang ditargetkan dapat beroperasi komersial 17 Agustus 2023.

Saat ini LRT Jabodebek tengah diujicoba tanpa penumpang atau trial run sejak 15 Mei lalu sampai 11 Juli mendatang. Selanjutnya pada 12 Juli hingga 15-16 Agustus, LRT Jabodebek akan mulai diujicoba beroperasi tanpa penumpang secara terbatas.

"Kami prioritaskan Jabodebek ini. Rencananya tahun ini, nanti Juli kita bisa trial (tanpa penumpang), Agustus bisa komersialisasi," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Sigit Wijatmoko menyebut, pembangunan LRT Jakarta rute Velodrome-Manggarai masih dalam tahap pengajuan perizinan trase kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Meski demikian, Pemprov DKI optimistis proyek itu bisa rampung dan beroperasi sesuai target.

Sigit menyebutkan, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono telah menemui Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi untuk membahas pembangunan rute Velodrome-Manggarai itu.

"Tentu teman-teman tahu pada bulan lalu ada pertemuan Bapak Menhub dengan Pak Pj Gubernur, di mana saiah satu yang dibahas adalah kelanjutan LRT Velodrome sampai Manggarai," kata Sigit di Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat, Rabu (1/3/2023).

Hasil pertemuan tersebut, LRT rute Velodrome-Manggarai bakal beroperasi mulai Agustus 2024. Dengan demikian, baik Pj Gubernur DKI Jakarta dan Menhub telah berkomitmen untuk merampungkan pembangunan konstruksi Velodrome-Manggarai sebelum Agustus 2024.

Baca juga: Beroperasi Agustus 2023, Progres LRT Jabodebek Sudah 92,34 Persen

Sigit meyakini, dengan target waktu pengoperasian tersebut, izin trase dari Kemenhub pasti akan dikeluarkan dalam waktu dekat.

"Kami punya komitmen sama-sama bahwa paling lambat Agustus 2024 udah dioperasikan untuk lintasan LRT Jakarta Velodrome-Manggarai," tutur dia.

"Sudah ada target waktu yang ditetapkan oleh Kemenhub sehingga kalau kaitannya dengan izin trase saya rasa prosesnya on going," lanjutnya.

Sebagai informasi, dengan tersambungnya rute LRT Jakarta hingga ke Stasiun Manggarai, diperkirakan jumlah penumpang moda transportasi ini akan meningkat menjadi 85.000 orang per hari.

Sementara di 2023 ini, jumlah penumpang LRT Jakarta ditargetkan mencapai 2.500 orang per harinya.

Baca juga: Pengamat: Pakai Subsidi, Tarif LRT Jabodebek Idealnya Rp 12.000-Rp 15.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com