Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentoel Group Bantu UMKM Tingkatkan Literasi Digital

Kompas.com - 25/05/2023, 14:11 WIB
Aprillia Ika

Editor

MALANG, KOMPAS.com - Bentoel Group, perusahaan rokok di RI, ingin turut mendorong literasi digital di berbagai komunitas di Indonesia. Salah satu yang disasar adalah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Melalui program Inklusi Digital, Bentoel Group tahun ini membagikan laptop ke komunitas UMKM di Malang.

Menurut Dian Widyanarti, Head of Regulatory & External Affairs Bentoel Group, kegiatan ini sejalan dengan komitmen perusahaan untuk mendorong inklusi digital dan pembangunan masyarakat yang berkelanjutan.

Selain itu, pembagian laptop kepada UMKM bertujuan untuk memajukan ekonomi kerakyatan dengan meningkatkan kemampuan literasi digital pelaku usaha kecil yang ingin melakukan transformasi digital usahanya.

“Melalui Program Inklusi Digital ini, Bentoel Group ingin membantu memberikan akses dan pemahaman yang lebih luas tentang teknologi digital kepada masyarakat Indonesia," kata Dian melalui keterangan pers, Kamis (25/5/2023).

Baca juga: Peningkatan Literasi Digital UMKM Berpotensi Tingkatkan Ekonomi Sebesar Rp 546,5 Triliun

Menurut dia, kegiatan ini juga membantu UMKM mengatasi kesenjangan digital yang masih ada.

"Dalam era digital yang terus berkembang pesat, literasi digital menjadi sangat penting dalam mempersiapkan individu dan komunitas agar dapat beradaptasi dan sukses dalam dunia digital yang semakin kompleks," lanjut Dian.

Sebagai informasi, pembagian laptop ini akan dilakukan secara bertahap sepanjang tahun 2023, dengan tujuan untuk mencapai dampak yang signifikan dan berkelanjutan.

Bentoel Group berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap laptop yang didistribusikan akan dimanfaatkan secara optimal oleh penerima.

Baca juga: Ibu-ibu, Pahami Dulu Literasi Digital Sebelum Akses Pinjaman Online

Bantuan pelatihan pemanfaatan teknologi

Selain itu, Bentoel Group juga akan mengadakan kegiatan lain yang terkait dengan pengembangan literasi digital, seperti pelatihan keterampilan digital, seminar, dan workshop.

Semua kegiatan ini dirancang untuk memberikan pendidikan dan pemahaman yang mendalam tentang literasi digital, serta memberikan panduan praktis bagi peserta agar dapat memanfaatkan teknologi digital secara efektif dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam kegiatan bisnis dan pengembangan usaha mikro.

Baca juga: Tingkatkan Literasi Digital untuk UMKM, Kemenkop UKM Gandeng MSC

Transformasi digital kunci UMKM berkembang

Transformasi digital dinilai menjadi kunci bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan bisnisnya, selaras dengan semakin meningkatnya jangkauan pasar pelaku UMKM. Untuk bisa melakukan transformasi digital, penting bagi pelaku UMKM melek digital, sehingga literasi digital jadi penting.

Sebelumnya, dalam riset bertajuk "Menciptakan Pertumbuhan Inklusif Melalui Digitalisasi UMKM di Indonesia" yang dibuat oleh Blibli dan Boston Consulting Group disebutkan, UMKM yang telah "go digital" atau terhubung dengan platform digital, bisa menghasilkan pendapatan 1,1 kali lebih tinggi dari UMKM yang hanya eksis secara fisik.

"UMKM online juga 2,1kali lebih berpeluang untuk menjual barang di skala nasional, dan 4,6 kali lebih berpeluang untuk mengekspor barang ke luar negeri," ujar Managing Director Boston Consulting Group, Haikal Siregar, dalam risetnya, dikutip Jumat (19/8/2022).

Sayangnya, baru 20 persen UMKM Indonesia yang telah melek digital. Oleh karenanya, hal tersebut dinilai menjadi tantangan yang perlu dihadapi oleh berbagai pihak terkait, termasuk pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com