Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Beli Solar Subsidi Pakai Kode QR MyPertamina

Kompas.com - 26/05/2023, 16:41 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) memberlakukan pembelian bahan bakar minyak (BBM) solar subsidi menggunakan kode batang (kode QR) di 234 kota dan kabupaten se-Indonesia mulai 25 Mei 2023.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, penerapan pembayaran transaksi secara digital tersebut akan dimulai secara bertahap.

"Mengingat penyaluran Solar Subsidi sudah diatur dalam Surat Keputusan BPH Migas No. 04/P3JBT/BPH MIGAS/KOM/2020 mengenai Pengendalian Penyaluran Jenis BBM Tertentu, baik kriteria kendaraan dan volume atau kuota hariannya, maka bertahap kami berlakukan Full QR untuk Solar Subsidi. Ini adalah langkah selanjutnya untuk memastikan masyarakat terbiasa memanfaatkan QR Code-nya," ujar Irto dalam siaran pers Pertamina, Jumat (26/5/2023).

Baca juga: Pembelian Solar dengan MyPertamina Mulai Berlaku di Banten dan Jawa Barat

Pertamina Patra Niaga sambung Irto, juga menyiapkan antisipasi untuk memudahkan masyarakat, salah satunya adalah penyediaan titik print QR di beberapa SPBU.

"Jadi masyarakat yang QR Code tertinggal atau mau refresh ulang QR Code bisa dibantu di SPBU dan bisa langsung melanjutkan transaksi pembelian solar subsidi," katanya.

Kata Irto, pembelian menggunakan kode QR ini memiliki beberapa manfaat, terutama dalam hal keamanan kuota harian, dan sebagai evaluasi atas modus penyalahgunaan oknum tidak bertanggung jawab.

Baca juga: BPH Migas Dorong Pertamina Tingkatkan Penerapan Subsidi Tepat Solar Bersubsidi


"Ketika skema input nomor polisi masih diperbolehkan, banyak kejadian nomor polisi konsumen sudah digunakan oleh oknum tidak bertanggungjawab. Full QR ini bisa menjadi jawaban, karena semua transaksi benar-benar sesuai dengan scan QR Code," lanjut dia.

"Untuk keamanan ekstra, QR Code dapat direset berkala tanpa ada batas, jadi jika hilang atau curiga digunakan bisa diganti dengan QR Code baru melalui website Subsidi Tepat," ujarnya.

Dia berharap, Program Subsidi Tepat Full QR di tahap awal ini dapat berjalan dengan baik serta mempersempit ruang gerak oknum tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan penggunaan BBM bersubsidi.

Baca juga: Pakai Solar Panel di Tower BTS-nya, Mitratel Hemat Biaya Operasi 15-20 Persen

Sebelum melakukan pembayaran menggunakan kode QR tersebut masyarakat harus mendaftar terlebih dahulu di aplikasi MyPertamina. Berikut langkahnya:

  1. Siapkan QR code yang sudah diperoleh dari laman https://subsiditepat.mypertamina.id/ maupun aplikasi MyPertamina.
  2. Sebelum bertransaksi, tunjukkan QR code tersebut kepada operator di SPBU untuk dipindai (scan).
  3. QR code tersebut tidak wajib diakses melalui ponsel secara langsung, bisa juga dicetak secara fisik dan dibawa ke SPBU.
  4. Setelah dipindai, isi Solar subsidi sesuai kendaraan masing-masing.
  5. Kemudian lakukan pembayaran menggunakan metode tunai (cash) atau non-tunai seperti kredit atau debit.

Baca juga: BPH Migas Sebut Implementasi Kode QR MyPertamina Tekan Jumlah Kasus Penimbunan Solar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com