Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Airbus A220-300 Masuk Pasar Indonesia, Seperti Apa Spesifikasinya?

Kompas.com - 26/05/2023, 19:20 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen pesawat asal Prancis, Airbus, mulai memasarkan produk pesawat penumpang terbarunya A220-330 di Indonesia. Hal ini dilakukan melalui tur demonstrasi di Asia Tenggara dimana tur di Indonesia dilaksanakan Kamis (25/5/2023).

Selama berada di Jakarta, pesawat Airbus A220 dipamerkan kepada pelaku industri penerbangan dan media. Kompas.com menjadi salah satu yang dapat merasakan terbang dengan Airbus A220-300.

Tur demonstrasi ini dilakukan selama sekitar 1 jam dengan rute Jakarta-Bandar Lampung-Jakarta. Dalam tur ini, Airbus menggunakan pesawat A220-300 dari maskapai airBaltic asal Latvia.

Saat Kompas.com memasuki pesawat, terlihat susunan kursi pesawat dibagi 3 kursi dan 2 kursi di masing-masing sisi. Berbeda dengan pesawat satu lorong yang umum digunakan di Indonesia seperti Boeing 737 yang susunan kursinya 3 kursi dan 3 kursi.

Baca juga: Kemenhub: Bandara Ngurah Rai Siap Sambut Kedatangan Pesawat Besar Airbus A380

Memang Airbus A220 merupakan pesawat terkecil di deretan pesawat satu lorong Airbus. Sebagaimana yang diungkapkan Single Aisle Product Marketing Director Airbus, Raymond Manougian.

"A220 adalah pesawat terkecil di keluarga Single-Aisle kami, keluarga kami mulai dari A220-100 dengan 100 kursi hingga A321 dengan 244 kursi," ujarnya saat konferensi pers di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis.

Untuk tipe A220, Airbus menyediakan 2 varian yaitu A220-100 yang dapat mengangkut 100-130 penumpang dan A220-300 yang dapat mengangkut 130-160 penumpang.

Meski pesawat ini terlihat lebih langsing, namun saat Kompas.com duduk di kursi penumpang terasa cukup lega karena ruang untuk kaki cukup lebar. Adapun pada tur demo kali ini, pesawat A220-300 memiliki tata letak 148 kursi di kabin penumpang kelas tunggal.

Tidak hanya itu, sandaran kursi pesawat juga cukup nyaman, jendela lebih lebar, dan kapasitas bagasi yang luas.

Selama perjalanan terasa cukup nyaman karena suara mesin tidak terlalu berisik ditambah lampu pesawat yang temaram membuat suasana lebih nyaman. Dengan berbagai keunggulan tersebut, perjalanan 1 jam menjadi tidak terasa.

Lalu seperti apa spesifikasi pesawat Airbus A220?

Airbus mengklaim pesawat A220 ini merupakan pesawat paling modern jika dibandingkan dengan pesawat lain pada kategori ukuran yang sama.

Baca juga: Datangkan Airbus A320, Pelita Air Siap Masuki Bisnis Penerbangan Regular

Raymond mengatakan, pesawat ini memiliki jangkauan hingga 3.450 mil laut atau setara 6.400 kilometer sehingga cocok untuk penerbangan jarak pendek. Maskapai Indonesia dapat menggunakan pesawat ini untuk melayani semua rute domestik secara point-to-point non-stop.

"Berbagai (maskapai dunia) sudah mempergunakannya dengan cara yang sangat bervariasi, dari jarak antara 20 menit sehingga jarak terbang hingga 8 jam," ucapnya.

Dia mengungkapkan, pesawat A220 menawarkan efisiensi konsumsi bahan bakar, emisi karbon, dan biaya operasi masing-masing sebesar 25 persen, jika dibandingkan dengan pesawat generasi sebelumnya dengan ukuran yang mirip.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com