Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/05/2023, 20:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menyiapkan 24 unit armada pesawat dari dua maskapai yakni Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines untuk menerbangkan 221.000 jemaah haji ke Arab Saudi pada tahun ini.

Direktur Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Putu Eka Cahyadi mengatakan, total armada Garuda Indonesia sebanyak 14 unit dan Saudi Arabian Airlines 10 unit yang dilaksanakan dengan sistem rotasi pesawat.

"Angkutan udara untuk haji itu bersifat niaga tidak berjadwal. Jadi ini adalah penerbangan yang memang di carter oleh pemerintah Indonesia dari Kementerian Agama selaku leading sektornya yang bertanggung jawab," ujarnya dalam media briefing di Gedung Kemenhub, Jakarta, Jumat (26/5/2023).

Baca juga: Pemberangkatan Haji Dimulai Hari Ini, Menhub Pastikan Layanan Penerbangan Haji Lancar

Ia memastikan, puluhan unit armada pesawat tersebut telah dilakukan pemeriksaan dokumen kelaikudaraan pesawat udara.

Adapun 14 unit pesawat Garuda Indonesia bakal diberangkatkan dari 9 bandara embarkasi yang berlokasi di Aceh, Medan, Padang, Jakarta, Solo, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, dan Lombok.

Sedangkan 10 unit pesawat Saudi Arabian Airlines bakal terbang dari 5 bandara embarkasi yang berlokasi di Batam, Palembang, Jakarta, Kertajati, dan Surabaya.

Secara rinci, bandara tersebut yakni Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (Aceh), Bandara Internasional Kualanamu (Medan), Bandara Internasional Hang Nadim (Batam), Bandara Internasional Minangkabau (Padang), dan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Jakarta).

Baca juga: Bandara Internasional Juanda Beroperasi 24 Jam Selama Musim Haji

Lalu Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Internasional Adi Soemarmo (Solo), Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (Balikpapan), dan Bandara Syamsuddin Noor (Banjarmasin).

Bandara Internasional Kertajati (Jawa Barat), Bandara Internasional Juanda (Surabaya), Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (Makassar), serta Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (Lombok).

Sementara itu, Direktur Kelaikan dan Pengoperasian Pesawat Udara (KPPU), M Mauludin memastikan, bahwa kloter pertama keberangkatan haji menggunakan Saudi Arabian Airlines dilakukan pada Minggu (28/5/2023).

"Insya Allah hari Minggu, kloter pertama dari Saudi Arlines berangkat dari Kertajati," kata dia.

Adapun menurut data Kemenhub, Saudi Arabian Airlines diasumsikan bakal menerbangkan 235 kloter jemaah haji tahun ini.

Baca juga: AP II Siapkan 6 Bandara untuk Embarkasi Haji, Ini Jadwal Keberangkatan Perdana

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+