Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Otorita IKN Siapkan Strategi Hadapi Kemarau Panjang dan Kebakaran Hutan

Kompas.com - 27/05/2023, 07:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mengajak sejumlah stakeholders untuk bekerja sama mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam OIKN Myrna A. Safitri mengatakan, pihaknya telah merumuskan langkah-langkah strategis bersama berbagai pemangku kepentingan terkait untuk mengantisipasi ancaman tersebut.

“Sebelumnya sejak Februari upaya-upaya untuk membicarakan dan merumuskan langkah-langkah taktis strategis untuk pengendalian kebakaran hutan dan lahan di IKN telah kami lakukan bersama dengan beberapa stakeholders yang lain. Namun, semakin mendekati bulan Juni, Juli, dan Agustus, upaya ini perlu kita intensifkan kembali,” ujarnya melalui pernyataan tertulis, Jumat (26/5/2023).

Baca juga: Soal Investasi di IKN, Bahlil: Mulai Jalan di Agustus Setelah Infrastruktur Selesai

Saat ini, terdapat tiga lokus yang menjadi perhatian. Pertama, di lokasi Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di mana kegiatan pembangunan infrastruktur sedang dipusatkan. Kedua, di Taman Hutan Raya Bukit Soeharto. Ketiga, area di luar dua wilayah tersebut yang diketahui rawan terbakar.

“Kami sangat menyadari bahwa para pihak yang di Kalimantan Timur sudah menunjukkan upaya-upaya kesiapsiagaan tersebut, baik dari Dinas, OPD yang lain, BPBD, TNI, Polri, upaya-upaya itu terus ditingkatkan,” kata Myrna.

Hal senada juga dikemukakan Direktur Pemanfaatan Pengembangan Kehutanan dan Sumber Daya Air Otorita IKN Pungky Widiaryanto.

Baca juga: Sederet Insentif dari Pemerintah untuk Tarif Minat Investor Investasi di IKN


Pungky mengatakan meskipun dua tahun terakhir tidak banyak kasus kebakaran hutan di IKN, namun pihak-pihak terkait akan terus melakukan pencegahan, terlebih untuk mengantisipasi adanya kemarau panjang.

Terdapat empat strategi yang akan dilakukan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan yakni menentukan lokus kegiatan, koordinasi perencanaan tahunan bersama, koordinasi implementasi pencegahan dan penanggulangan, serta monitoring, evaluasi dan pembelajaran bersama.

Baca juga: Tahun Politik 2024 Bakal Pengaruhi Calon Investor di IKN?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com