Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag ke Anggota APEC: Sekarang Bukan Waktunya untuk Rivalitas

Kompas.com - 27/05/2023, 19:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mendorong anggota Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) terus berkomitmen memperkuat kemitraan kawasan Asia-Pasifik.

Hal tersebut menurutnya menjadi penting, terutama dalam menghadapi tantangan ekonomi di masa depan. Pernyataan ini dia sampaikan ketika ia menghadiri pertemuan para menteri perdagngan APEC di Detroit, Amerika Serikat, Jumat (26/5/2023).

"Sekarang bukan waktu yang tepat untuk rivalitas dan kompetisi. Kita harus mengambil tindakan kolektif dan mempromosikan kemitraan daripada saling menyalahkan," katanya melalui keterangan tertulis, dikutip Sabtu (27/5/2023).

Baca juga: Bertemu Mendag Kanada, Zulkifli Hasan Ajak Percepat Penyelesaian Perundingan ICA–CEPA

Selain itu, lanjut Zulhas, kebijakan perdagangan terkait lingkungan harus sejalan dengan pengentasan kemiskinan dan pembangunan berkelanjutan untuk semua.

Kata Zulhas, penyalahgunaan isu lingkungan sebagai hambatan perdagangan adalah kesalahan besar. Hal ini justru akan menggerus kepercayaan terhadap kerja sama di kawasan, dan malah menghalangi pembangunan berkelanjutan.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kemendag, Djatmiko Bris Witjaksono meminta agar para anggota APEC memastikan pembangunan ekonomi dan pemulihan pasca-pandemi dilakukan bersama-sama.

Baca juga: Latar Belakang Terbentuknya APEC

Djatmiko juga menyampaikan perkembangan Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023 di antaranya membangun peta jalan harmonisasi standar ASEAN untuk mendukung implementasi Sustainable Development Goals 2030,

Selain itu, ia menyampaikan kerangka kerja transisi pembiayaan untuk mendukung pembiayaan berkelanjutan dan ekonomi hijau.

Baca juga: Ada El Nino, Mendag Zulhas Ingatkan Masyarakat Harga Pangan Akan Naik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com