Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fasilitas "Check-in" Pesawat Bakal Tersedia di Stasiun

Kompas.com - 29/05/2023, 10:59 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mengkaji penyediaan fasilitas check-in pesawat di stasiun kereta yang dilewati kereta Bandara Soekarno-Hatta.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, fasilitas check-in ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat yang akan menuju bandara.

"Kami akan pikirkan bagaimana check-in itu tidak perlu di bandara tetapi bisa di Stasiun Manggarai atau Bekasi," ujar Menhub dalam keterangan tertulis, Minggu (28/5/2023).

Baca juga: Menhub: Pembangunan LRT Jakarta Rute Velodrome-Manggarai Dimulai Tahun Ini

Selain itu, Kemenhub juga berencana menyediakan konter bagasi di stasiun-stasiun bagi masyarakat yang menggunakan kereta Bandara Soekarno-Hatta.

Pasalnya, setiap masyarakat dari dan ke bandara pasti membawa barang yang cukup banyak karena moda transportasi udara biasanya digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

Dengan adanya konter bagasi ini, maka penumpang pesawat hanya perlu mengumpulkan barang bawaannya di satu konter yang tersedia di stasiun sehingga tidak perlu repot mengangkut barang sendiri.

Baca juga: Pemberangkatan Haji Dimulai Hari Ini, Menhub Pastikan Layanan Penerbangan Haji Lancar


"Begitupun sebaliknya dari bandara, bisa ambil barangnya di stasiun tujuan," kata Menhub.

Kajian pengadaan fasilitas check-in dan bagasi bagi penumpang kereta bandara Soekarno-Hatta ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk peningkatan layanan angkutan massal dari dari dan ke Bandara Soekarno Hatta dan sebaliknya.

Sebab menurutnya, angkutan kereta api menjadi salah satu angkutan yang dapat diandalkan untuk bermobilitas dari Jabodetabek menuju ke Bandara Soetta.

Baca juga: Penumpang Pesawat Tumbuh 25 Persen, Menhub: Kabar Baik buat Industri Penerbangan

Dia bilang, kereta api merupakan moda transportasi yang tepat waktu, nyaman, dan bisa menjangkau setiap tempat.

"Kami berdiskusi bagaimana upaya meningkatkan kapasitas, memperluas jangkauan, mengintegrasikan dengan berbagai moda, dan mengupayakan tarif angkutan massal yang lebih terjangkau kepada masyarakat yang akan menuju Bandara Soekarno Hatta maupun sebaliknya di wilayah Jabodetabek," tuturnya.

Baca juga: Selama Lebaran, 310.054 Penumpang Pesawat Padati Bandara AP I

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com