Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Raksasa Mobil Listrik China Jajaki Investasi di Indonesia

Kompas.com - 29/05/2023, 12:36 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia dan perusahaan kendaraan listrik raksasa asal China, BYD Co. Ltd menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) terkait penjajakan investasi mobil listrik.

Penandatanganan MoU di Kota Shenzhen, China, pada Kamis (25/5/2023) itu dilaksanakan oleh Deputi Koordinator Bidang Transportasi dan Infrastruktur Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves), Rachmat Kaimuddin, dan General Manager BYD Divisi Penjualan Mobil Asia Pasifik, Liu Xueliang serta disaksikan langsung oleh Menko Marves Luhut B. Pandjaitan.

"Penandatanganan MoU ini mencerminkan pentingnya langkah-langkah ke depan dalam mewujudkan ambisi kendaraan listrik di Indonesia," kata Luhut dikutip dari situs resmi Kemenko Marves, Senin (29/5/2023).

Baca juga: Gobel Kritik Jokowi: Subsidi Mobil Listrik Untungkan Pengusaha Kaya

"Kami ingin mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia sehingga dapat menjadi pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara, dan kami mengapresiasi inisiatif BYD untuk menjajaki peluang ini lebih lanjut," sambung dia.

Total penjualan BYD secara global sepanjang 2022 tercatat sebanyak 1,85 juta unit, naik dari penjualan 593.745 unit pada 2021.

Sejak didirikan pada 1995, BYD telah memperluas operasinya ke lebih dari 50 negara dan memiliki lebih dari 220.000 karyawan di seluruh dunia.

Baca juga: Shell Punya 9 Unit SPKLU, Ini Lokasi dan Biaya Isi Baterai Mobil Listrik


Luhut mengatakan dengan sumber daya alam yang melimpah, lokasi geografis yang strategis, dan dukungan pemerintah, Indonesia diyakini mampu untuk mengembangkan industri kendaraan listrik di dalam negeri.

Pemerintah yakin bersama dengan mitra internasional seperti BYD, dapat menempatkan Indonesia sebagai pemain industri terdepan dalam panggung kendaraan listrik global, sekaligus mendorong transformasi menuju masa depan yang lebih bersih dan lebih hijau.

"Dengan memanfaatkan kekuatan Indonesia dan dengan menyambut transisi kendaraan listrik, Indonesia dapat membuka jalan baru untuk pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, serta pembangunan berkelanjutan," pungkasnya.

Baca juga: Dapat Insentif, Penjualan Mobil Listrik Naik 44 Persen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com