Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inovasi Motor Listrik Goeasy, Bisa Tukar Baterai 7 Detik

Kompas.com - 29/05/2023, 15:00 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen kendaraan listrik, Goeasy Smart Technology, merilis produk motor listrik dan kabinet penukar baterai motor listrik yang memungkinkan pengemudi menukar baterai dengan cepat hanya dalam 7 detik.

Lewat inovasi kabinet penukar baterai yang ada pada motor listrik buatan perusahaan asal China tersebut, pengemudi dapat mengendarai kendaraan tanpa khawatir kehabisan daya.

Direktur Goeasy Smart Technology, Xuelong Wang mengatakan, perusahaan mengintegrasikan riset, pengembangan dan manufaktur yang fokus pada pengembangan paket baterai kendaraan listrik (electric vehicle/EV) dan lithium.

Dari proses pengembangan dan manufaktur, serta pengalaman panjang di China dan India, pihaknya memperkenalkan produk motor listrik bernilai ekonomis yang memudahkan pemakainya, khususnya dalam penggunaan dan penggantian baterai saat dalam perjalanan.

"Konsumen pun bisa membeli unit motor listrik saja tanpa baterai dengan harga spesial,” kata Wang dalam keterangan tertulisnya, Senin (29/5/2023).

Baca juga: Perusahaan Raksasa Mobil Listrik China Jajaki Investasi di Indonesia

Ia menyatakan, peralihan dari kendaraan konvensional ke kendaraan elektrik memiliki banyak manfaat, terutama dari sisi ekonomi. Sebab selain ramah lingkungan, kendaraan listrik bisa menekan biaya bahan bakar.

“Dengan perhitungan secara umum, motor listrik memiliki angka jauh lebih murah jika dibandingkan dengan motor dengan bahan bakar bensin. Perawatannya juga relatif lebih mudah,” kata dia.

Lewat penggunaan kendaraan listrik, maka akan menekan jumlah emisi karbon di Indonesia. Harapannya, dengan teknologi yang dimiliki GoEasy, maka dapat mendukung pemerintah mencapai target net zero emission di 2060.

Baca juga: Kebijakan Subsidi Jokowi Dikritik: UMKM Tidak Butuh Motor Listrik


Dia menuturkan, GoEasy bakal membuka showroom dengan konsep COCO (company owned company operated) di Jakarta guna mengedukasi masyarakat tentang berbagai manfaat kendaraan listrik, seperti efisiensi, hemat biaya, dan ramah lingkungan.

Wang pun menyatakan, pihaknya siap bekerja sama dengan pelaku usaha di Indonesia, maupun pemerintah dalam pengembangan kendaraan listrik.

“Kami berharap bisa menjadi bagian pertumbuhan ekonomi di Indonesia. GoEasy membuka peluang kerja sama dengan para pemangku kepentingan termasuk pemerintah, pengelola dan pelaku usaha transportasi online, serta kelompok usaha kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia," papar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com