Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPJS Ketenagakerjaan Rilis Tabel Mortalitas Baru

Kompas.com - 29/05/2023, 18:05 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) merilis Tabel Mortalitas tahun 2022 (TMJ-22). Tabel tersebut memperbarui tabel yang sebelumnya pernah diterbitkan pada 2010 dan 2017 saat masih berstatus PT Jamsostek (Persero). 

Direktur Keuangan BPJS Ketenagakerjaan Asep Rahmat Suwandha mengatakan, terbitnya TMJ-22 sangat penting untuk menunjang keakuratan dan keandalan perhitungan aktuaria.

Dengan adanya potensi perubahan demografi dan pandemi Covid-19, maka diperlukan pembaruan tabel mortalitas BPJS Ketenagakerjaan

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Rogoh Dana Besar untuk Belanja Penguatan Keamanan Siber

"Adanya tabel ini diharapkan bisa memberikan akurasi yang lebih baik bagi evaluasi jaminan sosial. Tapi di hal yang lain kita berharap ini adalah salah satu sumbangsih juga dari BPJS Ketenagakerjaan untuk industri dan juga akademisi atau juga pemerintah," ujarnya dalam peluncuran Tabel Mortalitas 2022, di Jakarta, Senin (29/5/2023).

Kata Asep, meski disusun dengan data yang bersumber dari BPJS Ketenagakerjaan, namun tabel tersebut tidak bersifat eksklusif, bisa menjadi referensi tambahan bagi para pelaku industri asuransi jiwa dalam mengembangkan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan pemegang polis dari segmen pekerja.

Dengan demikian tingkat risiko kematian dan harapan hidup juga dapat lebih sesuai sehingga perhitungan pendanaan diharapkan bisa lebih tepat.

Baca juga: Strategi BPJS Ketenagakerjaan Kejar Target 70 Juta Peserta


Direktur Perencanaan Strategis dan TI BPJS Ketenagakerjaan Pramudya Iriawan Buntoro menuturkan, tabel mortalitas ini menggunakan metodologi yang lebih baik sehingga data yang dihasilkan lebih kredibel.

Selain itu, eksposur yang digunakan juga semakin meningkat yaitu sebesar 32 juta data di mana seluruhnya disusun menggunakan basis Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang valid sehingga pengamatan dapat merepresentasikan individu.

Baca juga: Minim Perlindungan, BPJS Ketenagakerjaan Sasar Pemulung dan Marbot Masjid

Termasuk merepresentasikan pekerja yang mendaftarkan dirinya tanpa proses underwriting atau seleksi risiko, sehingga tabel mortalitas ini dapat mewakili profil mortalitas pekerja Indonesia khususnya di segmen Penerima Upah (PU).

Ke depan, Pramudya berharap BPJS Ketenagakerjaan konsisten melakukan pembaruan dan pengembangan sehingga TMJ dapat menjadi alternatif referensi bagi industri asuransi jiwa, dan khususnya pemerintah dalam mengambil kebijakan yang bertujuan untuk memberikan perlindungan dan kesejahteraan bagi para pekerja.

Baca juga: PSSI Gandeng BPJS, 353 Wasit Sepak Bola Kini Punya BPJS Ketenagakerjaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com