Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peron 3 dan 4 Stasiun Manggarai Bakal Diaktifkan Lagi, Area Transit Akan Lebih Luas

Kompas.com - 30/05/2023, 06:38 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI Commuter (KCI) bakal mengaktifkan lagi peron jalur 3 dan 4 di Stasiun Manggarai, Jakarta untuk melayani naik dan turun penumpang KRL Jabodetabek atau Commuter Line.

Sebagai informasi, peron 3 sempat dinonaktifkan saat dilakukan switch over kelima di Stasiun Manggarai sejak 28 Mei 2023 sedangkan peron 4 dinonaktifkan bersama peron 5 sejak 9 Oktober 2021 setelah diberlakukan rekayasa jalur keberangkatan KRL.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, ditargetkan peron jalur 3 dan 4 ini dapat melayani penumpang paling lambat dua bulan ke depan.

Saat ini pihaknya secara bertahap masih menyelesaikan pembangunan fasilitas pelayanan di peron jalur 3 dan 4.

Baca juga: Gapeka 2023 Diberlakukan 1 Juni, Ini Dampaknya ke Perjalanan KRL Jabodetabek

"Mudah-mudahan dalam 1-2 bulan kedepan (peron) 3 dan 4 sudah siap beroperasi sehingga area transit di stasiun Manggarai bisa lebih luas," ujarnya saat konferensi pers Perubahan Gapeka 2023 di Kantor PT KCI Stasiun Juanda, Jakarta, Senin (29/5/2023).

Nantinya, peron 3 dan 4 Stasiun Manggarai akan melayani perjalanan KRL jalur Bekasi/Cikarang-Tanah Abang dan sebaliknya.

Dengan demikian, secara total akan ada 7 peron di Stasiun Manggarai yang melayani perjalanan KRL dari sebelumnya hanya berjumlah 5 peron.

"Untuk layanan KRL ada (peron) 3, 4, 6, 7 (yang di bawah), yang di atas 10, 11, 12," kata Anne.

Hingga penyelesaian peron 3 dan 4 ini selesai, KCI masih tetap menggunakan peron 6 dan 7 untuk melayani penumpang keluar dan masuk Stasiun Manggarai.

Baca juga: Mulai 1 Juni KCI Tambah Perjalanan Commuter Line di Stasiun Manggarai pada Jam Sibuk

Guna mengantisipasi kepadatan akibat bertambahnya volume penumpang di Stasiun Manggarai, untuk sementara ini KCI akan menyiapkan feeder yang diberangkatkan dari Stasiun Duri sebanyak 15-17 perjalanan.

Pasalnya berdasarkan catatannya, rata-rata sebanyak 150.000-200.000 penumpang yang melakukan transit di Stasiun Manggarai setiap harinya.

"Di Gapeka 2023 ini ditargetkan KRL juga bisa melayani di peron 3 dan 4. Tetapi per tanggal 1 Juni, kami masih melayani di peron 6 dan 7," jelasnya.

Baca juga: KAI Permak Kereta Ekonomi: Kursi Tak Lagi 90 Derajat, Toilet-nya Duduk

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com