Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumen Kini Nyaman Belanja "Online" dan "Offline", Departemen Store Rambla Bersiap Perkuat Layanan

Kompas.com - 31/05/2023, 15:48 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan berakhirnya Covid-19 sebagai darurat kesehatan global yang diumumkan WHO, masyarakat mulai percaya diri untuk kembali berinteraksi secara fisik dan tren belanja "offline" pun kembali meningkat. Namun, tren belanja "online: pun tetap tinggi.

Data dari Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) 2022 menyebutkan, 60 persen masyarakat sudah mulai berbelanja secara "offline", baik ke pasar modern maupun tradisional. Sementara itu, 25 persen memilih untuk tetap berbelanja secara "online", dan sisanya, 15 persen masyarakat memilih "hybrid".

Direktur Utama PT Star Maju Sentosa Herman Nagaria mengatakan, kondisi ini menggambarkan bahwa kini, masyarakat memiliki pilihan dalam berbelanja, baik online maupun offline, dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Baca juga: Situasi Gila yang Memusingkan Pengusaha Departemen Store

Dengan demikian, departemen store pun kudu berbenah menghadapi perubahan perilaku konsumen serta memberikan keleluasaan berbelanja dengan metode yang disukai.

"Konsumen sesungguhnya tidak mempersoalkan offline atau online, mereka akan berbelanja di tempat yang nyaman, aman, menyenangkan dan menguntungkan bagi mereka, " ujar Herman melalui keterangannya, Rabu (31/5/2023).

Untuk itu, PT Star Maju Sentosa yang membawahi Rambla Super Department Store resmi meluncurkan secara penuh layanan dan fitur istimewa Rambla pada Rabu (31/5/2023) di Rambla flagship store, Mall Kelapa Gading 1.

Baca juga: Matahari Department Store hingga Sido Muncul Bakal Tebar Dividen April 2023, Cek Jadwalnya

Berikut tiga layanan dan fitur istimewa Rambla.

Pertama, departemen store ini menghadirkan range produk yang luas dari pakaian hingga kebutuhan rumah tangga sehari-hari dalam kategori groceries. Serta menyediakan area kategori eksklusif dalam naungan brand, seperti Rambla Coffee Corner, Rambla Candy Treats, serta sub-brand Bunny&Klin yang menjual produk koleksi unik dari aksesoris fashion, mainan hingga pernak-pernik home & living yang hanya ada di Rambla.

Kedua, Rambla menawarkan fleksibilitas cara belanja. Konsumen tidak perlu bingung memilih antara belanja online maupun offline. Konsumen bisa datang ke toko untuk melihat produk terlebih dahulu, lalu bisa memesannya secara online, melalui Rambla Application Store, atau sebaliknya.

Ketiga, jaminan kepuasan bagi para member setia. “Melalui fitur jaminan kepuasan di Rambla, kami memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk pengembalian, penukaran barang yang telah dibeli, termasuk juga pengembalian uang, bila mereka merasa ada ketidaksesuaian dengan barang yang telah dibeli,” pungkas Herman.

Baca juga: Cara Praktis Check Out Keranjang Belanja Online Tanpa Khawatir Dompet Tekor

Sebagai informasi, PT Star Maju Sentosa berdiri sejak tahun 2007 daan memfokuskan diri pada bisnis department store.

Jaringan department store pertama yang dibangun perusahaan ini adalah STAR Department Store yang berlokasi di Summarecon Mall Kelapa Gading disusul Summarecon Mall Serpong dan Summarecon Mall Bekasi.

Pada 2023, PT Star Maju Sentosa menggagas lahirnya brand baru, Rambla Super Department Store yang berlokasi di Summarecon Mall Kelapa Gading, yang tak lain adalah wujud baru dari Star Department Store di lokasi yang sama

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com