Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut Dampingi 130 Pengusaha Singapura di IKN, Ini Harapannya

Kompas.com - 31/05/2023, 20:15 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut B. Pandjaitan mengatakan, meski ada 17 negara yang terlibat langsung dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Singapura merupakan partner paling penting.

Maka dari itu, Luhut berharap para pengusaha asal Singapura segera merealisasikan rencana investasinya ke IKN.

Hal itu dia sampaikan saat menerima kunjungan 130 pengusaha Singapura di Titik Nol Nusantara, Kalimantan Timur, Rabu (31/5/2023).

"Sebagai negara tetangga paling dekat, Singapura merupakan partner yang strategis untuk ikut terlibat dalam pembangunan Nusantara ini. Oleh karena itu saya berharap Anda segera merealisasikan rencana bisnisnya," kata Luhut dalam keterangan tertulis.

Baca juga: Logo Baru IKN dan Maknanya

Lebih lanjut Luhut memaparkan, ada sembilan cluster yang akan dibangun di Nusantara. Pada tahap pertama hingga 2024 akan dibangun sekitar 6.700 hektar. Dari jumlah itu sekitar 2.900 hektar akan dipergunakan sebagai kantor pemerintahan dan sisanya ditawarkan kepada swasta untuk berinvestasi.

"Anda sekarang sudah melihat dengan mata kepala sendiri pembangunan Nusantara. Kemajuan untuk kantor pemerintahan termasuk Istana Presiden sudah mencapai 29 persen sesuai dengan rencana. Diharapkan Juli 2024 Gedung Pemerintahan akan selesai dan bisa dipergunakan," jelasnya.

Baca juga: Jokowi Senang IKN Punya Logo Baru

Menemani Luhut, Menteri PUPR Basuki Hadimulyono pun berharap agar pengusaha Singapura tidak sekadar hanya berhenti pada Letter of Intent (LoI) atau pernyataan minat. "Sekarang waktunya untuk mengeksekusi semua rencana bisnis itu," kata Basuki.

Basuki bilang, Pemerintah Indonesia tidak main-main dengan rencana pembangunan ibu kota negara baru ini. Bahkan beberapa fasilitas dasar seperti pembangunan bendungan untuk pasokan bahan baku air minum sudah hampir 95 persen dikerjakan.

September mendatang Waduk Sepaku Semoi misalnya, sudah akan menampung 10 juta meter kubik air di danau seluas 344 hektar.

"Dari kawasan 6.700 hektar ada kawasan yang bisa dimanfaatkan swasta untuk perkantoran, perhotelan, perdagangan, rumah sakit dan juga sekolah. Silakan peluang itu dimanfaatkan," sambungnya.

Baca juga: Otorita IKN Siapkan Strategi Hadapi Kemarau Panjang dan Kebakaran Hutan


Dalam kesempatan itu, Duta Besar Singapura Kwok Fook Seng menyampaikan terima kasih atas sambutan Pemerintah RI terhadap delegasi Singapura.

"Yang ikut dalam delegasi sekarang ini bukan hanya pengusaha dari Singapura, tetapi juga pengusaha dari negara lain yang kantornya di Singapura. Ini menunjukkan bahwa keingintahuan tentang Nusantara bukan hanya datang dari Singapura, tetapi dari seluruh dunia," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com