Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emiten BALI Tebar Dividen Rp 127,25 Miliar

Kompas.com - 31/05/2023, 20:24 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Emiten penyedia infrastruktur menara telekomunikasi PT Bali Towerindo Sentra Tbk akan membagikan dividen sebesar Rp 127,25 miliar atau setara dengan Rp 32,34 per saham. Keputusan itu diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) perseroan.

Direktur Utama Bali Towerindo Sentra Jap Owen Ronadhi mengatakan, sepanjang tahun lalu perseroan mencetak laba bersih sebesar Rp 212,08 miliar. Dengan demikian, rasio pembayaran dividen (dividen payout ratio/DPR) setara 60 persen dari laba bersih.

Menurut dia, alokasi penggunaan laba bersih tahun 2022 sebagai dividen merupakan wujud komitmen perusahaan yang ingin memberikan nilai tambah bagi para pemegang saham.

Baca juga: Mana Lebih Cuan, Emiten Energi Milik Bakrie atau Boy Thohir?

"Kami berkomitmen membagikan dividen sebagai nilai tambah bagi pemegang saham seiring dengan pertumbuhan kinerja keuangan perusahaan yang melaju positif," katanya dalam keterangan resmi, Rabu (31/5/2023).

Lebih lanjut dia mengatakan, pembagian dividen tersebut sudah mempertimbangkan keuntungan atau saldo laba positif tahun fiskal dan kewajiban perusahaan untuk mengalokasikan dana cadangan sesuai dengan aturan yang berlaku dan kondisi keuangan.

"Potensi pertumbuhan bisnis ke depan dan kebutuhan pendanaan operasional juga menjadi pertimbangan dalam pembagian dividen," ujarnya.

Sebagai informasi, emiten dengan kode saham BALI itu membukukan laba bersih sebesar Rp 212,08 miliar pada 2022. Realisasi tersebut meningkat Rp 23,55 miliar atau 12,49 persen year on year (yoy) dari laba bersih pada 2021 senilai Rp 188,53 miliar.

Pertumbuhan tersebut selaras dengan peningkatan pendapatan sepanjang 2022. Tercatat perseroan membukukan pendapatan usaha Rp 978,38 miliar pada 2022, naik Rp 31,75 miliar atau 3,35 persen secara yoy dari Rp 946,63 miliar pada 2021.

“Seiring dengan perkembangan teknologi di Indonesia, BALI secara konsisten berupaya untuk terus meningkatkan kinerja bisnis dalam kegiatan usahanya," ucap Owen.

Baca juga: PGN Tebar Dividen Rp 3,42 Triliun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com