Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Muamalat Hadirkan Kartu Shar-E Debit Muamalat Untuk Permudah Transaksi Jamaah Haji

Kompas.com - 31/05/2023, 21:30 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk memberikan kemudahan bagi jemaah haji yang ingin bertransaksi di tanah suci melalui fasilitas kartu Shar-E Debit Muamalat melalui kartu Shar-E Debit Muamalat berlogo VISA.

Direktur Utama Bank Muamalat Indra Falatehan mengatakan, kartu Shar-E Debit Muamalat berlogo VISA dapat digunakan di mesin ATM dan Electronic Data Capture (EDC) berlogo VISA/Plus di Arab Saudi. Kartu ini juga dapat digunakan di mesin ATM milik Bank Al Rajhi yang tersebar di Makkah, Madinah dan Jeddah.

“Kelebihan dari kartu Shar-E Debit ini adalah tersedia pilihan transaksi bahasa Indonesia saat bertransaksi di ATM. Ini memberikan nilai tambah kepada para nasabah Bank Muamalat yang menunaikan ibadah haji di tanah suci,” kata Indra dalam siaran pers, Rabu (31/5/2023).

Baca juga: Bank Muamalat Ditunjuk jadi Bank Penyedia Kebutuhan Haji

Dia mengatakan, setiap bertransaksi tarik tunai di ATM berlogo VISA/Plus di Arab Saudi, nasabah mendapatkan subsidi biaya tarik tunai (maksimal tiga kali dalam sebulan untuk kartu Shar-E Debit Ihram) dengan kurs yang kompetitif. Ada pula subsidi belanja yang berlaku di toko/merchant berlogo VISA/Plus dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Indra mengatakan, kartu Shar-E Debit Muamalat sudah bisa digunakan untuk bertransaksi secara online di berbagai e-commerce/online shop dengan fitur keamanan yang sudah tersertifikasi oleh VISA (Verified by VISA Secure Code).

Pengamanan transaksi pada fitur ini menggunakan teknologi 3D Secure dengan validasi One Time Password (OTP) berupa PIN 6 digit yang dikirimkan melalui SMS. Tujuan OTP adalah untuk memastikan keamanan transaksi antara merchant dan pelanggan seolah keduanya bertransaksi secara tatap muka.

Baca juga: Bidik KPR Take Over, Bank Muamalat Bangun CPC di 6 Kota


Sebagai informasi, Bank Muamalat memiliki produk perbankan bagi masyarakat yang ingin merencanakan ibadah haji yang bernama Tabungan iB Hijrah Haji. Nasabah yang membuka tabungan ini akan dibekali dengan kartu Shar-E Debit yang dapat digunakan untuk bertransaksi di tanah suci.

Masyarakat juga dapat mempersiapkan langkah #HajiAnakHebat dengan Tabungan iB Hijrah Haji, sehingga putra-putrinya dapat menabung sejak dini, dan dapat beribadah dengan kondisi prima di usia muda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com