Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kereta Api Baru Diluncurkan Hari Ini, KAI Hadirkan Promo Tiket mulai Rp 20.000

Kompas.com - 01/06/2023, 15:30 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) meluncurkan 5 kereta api baru pada Kamis (1/6/2023) di 4 stasiun, yaitu Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Surabaya Gubeng, dan Stasiun Jember. Adapun kereta baru tersebut adalah KA Argo Merbabu, KA Banyubiru, KA Manahan, KA Argo Semeru, dan KA Pandalungan.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, peluncuran 5 kereta api baru ini merupakan implementasi peningkatan pelayanan KAI seiring dengan pemberlakuan Gapeka 2023 yang berlaku terhitung mulai 1 Juni. Banyak kereta api yang mengalami percepatan waktu tempuh dan perubahan jadwal keberangkatan.

"Semoga dengan adanya launching 5 KA baru ini dapat membawa manfaat dan pertumbuhan ekonomi di wilayah-wilayah yang dilalui kereta api. Sekaligus meningkatkan animo masyarakat untuk menggunakan transportasi kereta api yang aman, nyaman, dan sehat," kata dia saat meresmikan peluncuran kereta api di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, hari ini, dikutip dari situs resmi KAI.

Baca juga: KAI Permak Kereta Ekonomi: Kursi Tak Lagi 90 Derajat, Toilet-nya Duduk

Selama Juni ini, KAI menawarkan promo tiket kereta api dengan jumlah terbatas untuk KA Pandalungan sebesar Rp 300.000, KA Argo Semeru Rp 250.000, KA Argo Merbabu Rp 200.000, KA Manahan Rp 200.000, serta KA Banyubiru kelas eksekutif Rp 30.000 dan kelas ekonomi Rp 20.000.

Untuk kelas pelayanannya, saat ini KA Pandalungan, KA Argo Merbabu, dan KA Manahan terdiri dari 8 gerbong eksekutif berkapasitas 400 tempat duduk, KA Argo Semeru terdiri dari 9 gerbong eksekutif berkapasitas 450 tempat duduk.

Berikutnya KA Banyubiru terdiri dari 4 gerbong eksekutif dan 3 gerbong ekonomi berkapasitas 432 tempat duduk atau 3 gerbong eksekutif dan 6 gerbong ekonomi berkapasitas 630 tempat duduk.

Baca juga: Kursi Kereta Api Kelas Ekonomi Diubah, KAI Buka Kemungkinan Ada Penyesuaian Tarif

Pada tahap awal operasional, KA Pandalungan beroperasi mulai Kamis-Senin, KA Banyubiru beroperasi pada Kamis-Minggu, dan KA Argo Semeru dan KA Argo Merbabu akan beroperasi setiap hari.

Adapun KA Manahan beroperasi secara fakultatif, disesuaikan dengan permintaan pangsa pasar (pelanggan dapat melihat jadwalnya di aplikasi KAI Access, web kai.id, atau chanel eksternal resmi yang bekerja sama dengan KAI).

Masyarakat dapat membeli promo tiket kereta api tersebut pada aplikasi KAI Access, web kai.id, atau chanel eksternal resmi yang bekerja sama dengan KAI.

Baca juga: KAI Rombak Kursi Kereta Ekonomi Jadi Mirip KA Eksekutif

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com