Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkap Kepercayaan Masyarakat terhadap Bisnis di Indonesia Naik

Kompas.com - 01/06/2023, 20:40 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap bisnis mengalami penurunan di banyak negara. Hal ini sebagaimana ditunjukan dalam laporan Edelman Trust Barometer 2023.

Laporan tersebut menyebutkan, dari 27 negara yang disurvei, 15 di antaranya mencatatkan penurunan tingkat kepercayaan terhadap bisnis. Dengan demikian, secara global tingkat kepercayaan masyarakat terhadap bisnis mencapai 67 persen.

Meskipun mayoritas negara mencatatkan penurunan, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap bisnis di Indonesia justru mengalami peningkatan, yakni sebesar 2 persen menjadi 83 persen. Tingkat kepercayaan tersebut hanya kalah dari China, dengan nilai sebesar 84 persen.

Baca juga: Kemenperin: Indeks Kepercayaan Industri Melambat Jadi 50,90

"Indonesia merupakan salah satu negara yang percaya terhadap bisnis," tulis laporan tersebut, dikutip Kamis (1/6/2023).

Hasil survei itu juga menunjukan, seluruh tipe bisnis dipercaya oleh masyarakat, utamanya bisnis swasta dan perusahaan terbuka. Sementara itu, kepercayaan masyarakat terhadap BUMN berkurang 5 persen menjadi 69 persen.

Jika dilihat berdasarkan sektor industrinya, sektor teknologi menjadi yang paling dipercaya oleh masyarakat, dengan skor 93 persen. Mengekor sektor bisnis otomotif dan telekomunikasi, masing-masing dengan skor 90 persen.

Di sisi lain para pemberi kerja juga sangat percaya terhadap para pekerja. Hal ini tercermin dari tingkat kepercayaan pemberi kerja terhadap pekerjanya yang mencapai 92 persen.

"Dengan tingkat kepercayaan 92 persen, kepercayaan pemberi kerja Indonesia menjadi yang paling tinggi di Indonesia," tulis laporan Edelman Trust Barometer 2023.

"Tapi dengan tingkat kepercayaan yang tinggi, juga terdapat ekspektasi tinggi," sambung tulisan tersebut.

Baca juga: Menerapkan Bisnis yang Berorientasi Manusia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com