Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembukaan Seleksi CPNS dan PPPK Berpotensi Molor

Kompas.com - 02/06/2023, 19:05 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembukaan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (CPPPK) belum bisa dipastikan akan berlangsung pada Juni 2023.

Hal itu disampaikan oleh Asisten Deputi Perancangan Jabatan, Perencanaan, dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Aba Subagja.

"Iya belum pasti Juni ini diumumkan," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (2/6/2023).

Baca juga: Wacana Rekrutmen CPNS Dibuka Juni 2023, 1 Juta Lebih Calon Pegawai Pemerintah Dibutuhkan

Aba menjelaskan tertundanya pembukaan seleksi CPNS dan CPPPK tersebut lantaran masih dilakukan validasi data formasi.

"Semoga bisa selesai segera karena akan kami serahkan masing-masing formasi ke kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk melakukan seleksi," ujarnya.

Pada tahun ini, ASN yang dibutuhkan sebanyak 1 juta CPNS dan PPPK. Pegawai honorer bisa ikut andil dalam seleksi nanti. Pemerintah juga membuka kembali pendaftaran Sekolah Kedinasan.

Baca juga: Simak, Ini 5 Perbedaan CPNS dan PPPK


"Rencana kebutuhan ASN pusat dan daerah sejumlah 1.030.000 terdiri dari CPNS dan PPPK yang masih proses difinalisasi," kata Kepala Biro Data, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Mohammad Averrouce beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, ramai beredar video di media sosial TikTok yang menyebutkan soal pendaftaran CPNS 2023. Dalam video itu disebutkan, pendaftaran CPNS 2023 akan dimulai pada 5 Juni 2023.

Video tersebut diunggah oleh akun @lowongan_kerj4_terbaru.

Selain jadwal pendaftaran CPNS 2023 yang dimulai pada 5 Juni, unggahan tersebut juga memperlihatkan rincian jadwal seleksi CPNS 2023 hingga pengumuman hasil seleksi.

Baca juga: Siap-siap, Rekrutmen CPNS dan PPPK Bakal Segera Diumumkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com