Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepanjangan SOP, Manfaat, Fungsi, dan Contohnya

Kompas.com - 03/06/2023, 08:05 WIB
Muhammad Idris

Penulis

 

KOMPAS.com - SOP adalah istilah yang barang tentu sudah tak asing lagi di telinga, terlebih bagi mereka yang sudah bekerja di perusahaan. SOP adalah singkatan dari Standar Operasional Prosedur.

SOP adalah hal penting bagi operasional perusahaan maupun organisasi lainnya, baik perusahaan kecil hingga perusahaan dengan skala besar. Semakin besar organisasi, maka semakin penting pula SOP diterapkan.

Setiap karyawan harus bekerja mengikuti SOP yang berlaku, karena SOP merupakan panduan seseorang dalam bekerja dalam sebuah perusahaan, baik dalam pengambilan keputusan maupun dalam kegiatannya.

Dikutip dari laman Brampton, SOP adalah prosedur khusus untuk operasional organisasi yang menjelaskan aktivitas yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas sesuai dengan peraturan perusahaan dan regulasi pemerintah.

Dalam bahasa lainnya, SOP adalah suatu sistem yang dirancang guna menertibkan, merapikan, dan memudahkan suatu pekerjaan.

Baca juga: SOP dan Kelalaian Sopir Bus Nahas di Guci

SOP tersebut hadir dengan bentuk seperti dokumen yang berhubungan oleh prosedur yang dilaksanakan secara kronologis guna membantu kamu dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan untuk mendapatkan hasil kerja secara efektif dari pekerja dengan biaya yang rendah.

Dalam bahasa yang sederhana, SOP adalah suatu petunjuk secara tertulis yang memaparkan mengenai langkah-langkah kerja atau bagaimana cara melaksanakan kegiatan dengan rutin.

SOP kerap dipakai untuk menunjukkan kepatuhan terhadap suatu peraturan maupun praktik operasional. Serta guna mendokumentasikan atau mengabadikan bagaimana tugas wajib diselesaikan dalam organisasi kelompok atau individu.

SOP adalah aspek penting organisasi

Semua itu hanya bisa terwujud apabila organisasi memiliki panduan yang jelas tentang pengambilan keputusan dan kegiatannya.

SOP sangat penting bagi suatu perusahaan baik perusahaan besar atau kecil karena berfungsi sebagai pedoman dan landasan hukum yaitu pedoman untuk mengantisipasi situasi atau keadaan yang tidak terduga sekaligus sebagai acuan melaksanakan pekerjaan.

Selain itu SOP bermanfaat sebagai landasan hukum apabila terjadi penyimpangan. Dengan adanya SOP akan mempermudah karyawan melaksanakan pekerjaan.

Baca juga: Apa Itu Invoice dan Bedanya dengan Nota maupun Kuitansi?

Kemudian bisa memudahkan mendeteksi hambatan-hambatan yang mungkin akan dialami pekerja, dan penerapan SOP mendorong karyawan untuk lebih disiplin dan bertanggung dalam bekerja.

SOP adalah hal penting dalam setiap organisasi bisnis. Tanpa SOP tentu operasional tidak berjalan mulus.Dok. Vivo Indonesia SOP adalah hal penting dalam setiap organisasi bisnis. Tanpa SOP tentu operasional tidak berjalan mulus.

Fungsi SOP

1. Pedoman kerja

SOP memudahkan perusahaan dalam melakukan operasional, termasuk membantu para pekerja melakukan tugas sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya.

2. Acuan hukum

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com