Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba Jargas di Kota Solo Diklaim Sukses

Kompas.com - 07/06/2023, 17:34 WIB
Aprillia Ika

Editor

SOLO, KOMPAS.com - Uji coba penyaluran jaringan gas (jargas) di Kota Solo sejak akhir 2022 hingga akhir Mei 2023 diklaim berlangsung sukses oleh PT Pertagas Niaga (PTGN) selaku afiliasi dari Subholding Gas Pertamina PT PGN Tbk. 

Langkah akhir, PTGN melakukan uji coba atau komisioning pada 25 Mei 2023 lalu.

Pada uji coba ini, PTGN memastikan gas yang dihantarkan dari fasilitas Metering Regulating Station (MRS) diterima dengan baik hingga ke rumah-rumah penduduk dan dapat memenuhi kebutuhan dapur masyarakat sekitar tanpa kendala.

President Director PTGN Aminuddin mengatakan, ke depan untuk memenuhi kebutuhan jargas rumah tangga di Kelurahan Sumber, Kota Solo, PTGN akan mengoptimalkan pemanfaatan CNG dari Pertamina EP Cepu ADK (PEPC ADK) yang berlokasi di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Ia menilai, lokasi Kota Solo cukup dekat dari sumber gas dalam hal ini CNG di Blora, sehingga dapat diangkut menggunakan iso tank, kemudian disalurkan melalui jaringan pipa hingga ke rumah warga.

"Harapan kami gas bumi dari Jawa Tengah juga dapat dinikmati oleh masyarakat Jawa Tengah, untuk itu dalam waktu dekat kami akan menyelesaikan seluruh proses agar jaringan yang telah terpasang dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat," kata Aminudin melalui keterangannya, Rabu (7/6/2023). 

Baca juga: Gandeng Perusahaan China, PLN IP Kembangkan Pembangkit EBT 5.000 MW di Morowali

Aminuddin menambahkan, dengan harga yang kompetitif dibandingan bahan bakar lainnya, masyarakat dapat menghemat sekitar 20 persen. Instalasi jaringan gas untuk rumah tangga juga lebih aman dibandingkan gas lainnya.

Ia juga menambahkan, kegiatan uji coba berjalan lancar dengan mengedepankan aspek keselamatan dan kesehatan kerja atau Health, Safety, Security, and Environment (HSSE), serta mendapatkan dukungan dari pemangku wilayah Kelurahan Sumber, jajaran petugas medis, pemadam kebakaran kota Solo serta tim inspeksi independen.

Sementara itu Joyo Budi Prawiro selaku Ketua RT 01 Kelurahan Sumber menyampaikan harapan atas pemasangan jargas di wilayahnya.

“Masyarakat antusias dengan pamasangan jargas ini. Semoga jaringan di Kelurahan Sumber dapat segera diaktifkan seluruhnya sehingga masyarakat bisa menikmati jargas yang aman dan lebih ekonomis," katanya.

Baca juga: Topang Transisi Energi, Gas Bumi Berada Dalam Masa Emas

Sebagai informasi, pembangunan jargas di Kota Solo ini sejalan dengan upaya ekspansi jargas yang tengah diupayakan oleh Subholding Gas Pertamina. Potensi pelanggan jargas rumah tangga di Jawa Tengah kuran lebih 31.800 SR yang berlokasi di Kota Solo, Kabupaten Cilacap, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Klaten, dan D.I. Yogyakarta.

Penggunaan gas bumi melalui jargas bagi rumah tangga memberikan banyak dampak positif diantaranya memasak menjadi lebih cepat, biaya yang lebih ekonomis, suplai 24 jam dan tentunya lebih ramah bagi lingkungan. Hal ini sejalan dengan semangat Indonesia untuk menuju Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 serta komitmen evironmental, social & governance (ESG) Pertamina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com