Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tarik Tunai di ATM Bersama dan ATM Link dengan Mudah

Kompas.com - 07/06/2023, 23:57 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com Tarik tunai di ATM Bersama dan ATM Link bisa menjadi alternatif bagi nasabah yang kesulitan mencari ATM yang sesuai rekening bank. Bagaimana cara tarik tunai atau cara mengambil uang di ATM Bersama dan ATM Link? 

Cara mengambil uang di ATM Bersama dan ATM Link hampir sama dengan cara tarik tunai di ATM pada umumnya.  

Hanya saja, nasabah perlu memastikan bahwa kartu ATM dari bank yang akan digunakan merupakan anggota dari jaringan ATM Bersama atau ATM Link.

Baca juga: Syarat dan Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah

Untuk mengetahui apakah bank yang kita gunakan merupakan anggota jaringan ATM Bersama atau ATM Link, nasabah bisa memeriksanya pada bagian belakang kartu ATM. 

Selain itu, nasabah juga perlu mengecek pada mesin ATM yang akan digunakan. Pastikan logo ATM Bersama atau ATM Link tercantum pada mesin ATM tersebut. 

Jika terdapat logo ATM Bersama atau ATM Link pada kartu ATM dan mesin ATM yang akan digunakan, maka dapat dipastikan transaksi bisa dilakukan. 

Baca juga: Mulai Terapkan Smart Meter, Dirut PLN: Bisa Pantau Penggunaan Listrik secara Realtime

Apa itu ATM Bersama?

ATM Bersama adalah jaringan Switching terbesar di Indonesia, yang telah terhubung dengan 90 institusi, baik bank maupun lembaga non-bank.

Dengan banyaknya anggota ATM Bersama, tentunya memudahkan nasabah Bank untuk dapat bertransaksi pada semua delivery channel milik Bank yang berlogokan ATM Bersama di seluruh Indonesia.

ATM Bersama juga merupakan jaringan switching pertama di Indonesia yang dapat melakukan transaksi transfer antar Bank secara real-time online.

ATM Bersama juga terhubung dengan prinsipal luar negeri lainnya seperti Paynet dari Malaysia, JCB dari Jepang, dan Al-Rajhi dari Arab Saudi, sehingga nasabah Bank anggota ATM Bersama dapat melakukan transaksi Tarik Tunai di Malaysia dan Arab Saudi, serta nasabah JCB dari Jepang dapat melakukan tarik tunai di Indonesia.

Baca juga: Digitalisasi Bikin Pertamina Hemat Rp 48,7 Triliun

Nasabah bank pemilik kartu ATM berlogo ATM Bersama dapat mengambil uang di terminal ATM berlogo ATM Bersama dengan batas penarikan per hari sesuai yang telah ditentukan oleh Bank Penerbit Kartu. Selain itu, nasabah bank anggota jaringan ATM Bersama dapat melihat saldo rekeningnya.

Adapun biaya admin tarik tunai di ATM Bersama adalah sebesar Rp 7.500. Tarif transaksi ini akan selalu dikenakan setiap kali nasabah menggunakan jaringan switching ATM Bersama. Misalnya, nasabah melakukan dua kali penarikan tunai, maka biaya yang akan dikenakan adalah sebesar Rp 15.000.

Meski demikian, besaran biaya yang dikenakan kepada nasabah yang bertransaksi melalui ATM Bersama bergantung pada kebijakan dan strategi bank kepada nasabahnya.

Beberapa bank tidak mengenakan biaya sama sekali atau gratis, ada yang mensubsidi sebagian biaya dan ada yang mengenakan biaya penuh kepada nasabahnya. Itulah biaya ambil uang di ATM Bersama.

Baca juga: Soal Aturan Larangan Pakaian Bekas Impor, Teten: Kita Enggak Akan Pernah Merevisi

Cara tarik tunai atau cara mengambil uang di ATM Bersama dan ATM Link dengan mudah. KOMPAS.com/Muhammad Idris Cara tarik tunai atau cara mengambil uang di ATM Bersama dan ATM Link dengan mudah.

Apa itu ATM Link?

ATM Link adalah jaringan ATM Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Himbara terdiri dari bank-bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni BRI, BNI, Mandiri dan BTN.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com