Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Memanipulasi Laporan Keuangan, Ini Respons Waskita Karya

Kompas.com - 08/06/2023, 06:10 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) merespons dugaan manipulasi laporan keuangan yang dilayangkan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

SVP Corporate Secretary Waskita Karya Ermy Puspa Yunita menegaskan, Waskita Karya sebagai perusahaan publik selalu mengacu pada ketentuan perundangan yang berlaku dalam menerbitkan laporan keuangan.

Selain itu, dia mengaku, pihaknya telah mengikuti peraturan dari Badan Pengawas Pasar Modal dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Sebelum melakukan penerbitan laporan keuangan, perseroan juga sudah melakukan beberapa tahapan dan juga proses audit oleh akuntan publik yang terdaftar di OJK sebagai auditor independen untuk pemenuhan kewajiban sesuai ketentuan OJK," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (7/6/2023).

Baca juga: BEI Panggil Waskita dan Wijaya Karya Terkait Dugaan Manipulasi Laporan Keuangan

Atas dugaan manipulasi laporan keuangan tersebut, Kementerian BUMN meminta Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk menginvestigasi lebih lanjut terhadap laporan keuangan yang disajikan BUMN karya tersebut.

Terkait hal ini, Ermy mengatakan, manajemen Waskita menyerahkan sepenuhnya kewenangan tersebut kepada Kementerian BUMN selaku pemegang saham seri A WSKT.

"Manajemen WSKT mendukung penuh langkah–langkah yang dilakukan oleh Kementerian BUMN untuk memperbaiki kondisi WSKT menjadi lebih baik," ucapnya.

Sebagai informasi, Kementerian BUMN tidak hanya melayangkan dugaan manipulasi laporan keuangan kepada Waskita Karya. BUMN karya lainnya yakni PT Wijaya Karya (Persero) Tbk juga diduga melakukan hal yang sama.

Baca juga: Geger Dugaan Wika dan Waskita Manipulasi Laporan Keuangan

Kecurigaan manipulasi laporan keuangan agar kinerjanya tampak baik itu dibeberkan Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo. Padahal, kedua perusahaan itu juga berstatus perseroan terbuka yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Baik Wika maupun Waskita, merupakan BUMN konstruksi yang selama ini kerap didera kesulitan keuangan. Kedua perusahaan juga menanggung utang menggunung, baik kepada para kreditur maupun para vendornya.

Tiko mencontohkan, salah satu dugaan kuat dari Kementerian BUMN, Waskita dan Wika dicurigai memoles laporan keuangan arus kasnya (cashflow) yang lancar, padahal kondisi sebenarnya tengah kesulitan.

"Seperti Waskita, seperti Wika ini memang pelaporan keuangannya ini tidak sesuai dengan kondisi riilnya, artinya dilaporkan seolah-olah untung bertahun-tahun padahal cashflow-nya tidak pernah positif sebenernya," beber Tiko, sapaan akrab Kartika Wirjoatmodjo, dikutip pada Rabu (7/6/2023).

Tiko menyebut, saat ini pihaknya tengah meminta Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk melakukan investigasi laporan keuangan yang disajikan dua BUMN yang kantor pusat saling bertetangga di kawasan Cawang tersebut.

Baca juga: Waskita dan Wika Diduga Poles Laporan Keuangan, Pemerintah Lakukan Investigasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com