Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung DPR di IKN Baru Mulai Dibangun pada 2024

Kompas.com - 08/06/2023, 11:10 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, untuk pembangunan Gedung DPR di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, akan dimulai pada tahun 2024.

Sedangkan untuk saat ini, masih dibangun kantin serta parkirannya yang bakal rampung pada November 2023. Hal tersebut dia sampaikan ketika mengikuti rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Rabu (7/6/2023).

"Mudah-mudahan tahun 2024 akan dibangun Gedung DPR-nya. Menyangkut pembangunan Kantor DPR, kantin dan parkir DPR sudah terkontrak pada bulan Maret 2023 dan insya Allah selesai November ini. Sekarang progresnya 2 persen, dengan kontrak sebesar Rp 55 miliar," ucapnya.

Baca juga: Menteri PUPR Optimis Pembangunan Dasar IKN Rampung 2024

Alasan dibalik baru dimulainya pembangunan Gedung DPR di IKN pada tahun depan lantaran harus melalui tahap memilih desain bangunannya terlebih dahulu.

"Kemudian untuk Gedung DPR di IKN, kami sudah melakukan sayembara, sudah memilih yang terbaik dari sayembara itu dan sekarang sedang ditindaklanjuti dengan detail desainnya," jelas Basuki.

Sebelumnya, basuki menyebut progres pembangunan IKN hingga kini mencapai 29,87 persen. Pembangunan IKN ini menggunakan anggaran dari total pagu tahun 2023 sebesar Rp 26,67 triliun.

Baca juga: Soal Progres Pembangunan IKN, Menteri PUPR: Sudah 29,87 Persen

 

"Progresnya (pembanguna IKN) adalah 29,87 persen," ujarnya

Lebih lanjut kata Basuki, untuk pembangunan hunian untuk menteri serta Aparatur Sipil Negara (ASN) menggelontorkan dana sebesar Rp 4,20 triliun.

Pembangunan hunian berupa rumah susun untuk ASN, kata dia akan dimulai pada Juli tahun ini. Sedangkan rumah tapak untuk menteri telah mulai tahap konstruksi.

Baca juga: Menteri PUPR: Pembangunan Kantor Pemerintah dan Hunian ASN di IKN Rampung Juli 2024

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com