Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Strategi RANC untuk Dorong Pertumbuhan Bisnis

Kompas.com - 08/06/2023, 13:17 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC) mempersiapkan strategi untuk menghadapi dinamika industri yang penuh dengan tantangan di 2023. Direktur Utama PT Supra Boga Lestari Johartono Susilo mengatakan, pihaknya berupaya untuk menyusun strategi dan kebijakan yang bisa menciptakan peluang pertumbuhan dengan menambah diferensiasi produk.

Selain itu, pihaknya juga melakukan pengembangan fresh products hingga menerapkan efisiensi terhadap toko-toko yang dianggap tidak produktif, dengan menekan operational cost milik RANC.

“Strategi dan kebijakan strategi tahun 2022 difokuskan kepada antisipasi setiap tantangan yang ada agar kemudian menjadi peluang pertumbuhan. Perusahaan akan senantiasa melakukan perbaikan agar kinerja perusahaan baik operasional maupun keuangan lebih kuat dan mendorong pengembangan usaha kedepannya,” ujar Johartono dalam siaran pers, Kamis (8/6/2023).

Baca juga: Group Djarum Melalui Blibli.com Resmi Akuisisi RANC Senilai Rp 2 Triliun

Sepanjang tahun 2022, RANC mencatatkan pendapatan bersih konsolidasian sebesar Rp 2,9 triliun. Angka ini meningkat 0,4 persen dibandingkan tahun lalu yang mendapatkan pendapatan bersih konsolidasian Rp 2,89 triliun.

Meskipun penjualan bersih mengalami peningkatan, namun RANC mencatatkan rugi bersih sebesar Rp 83,67 miliar di tahun 2022 yang disebabkan oleh meningkatnya biaya yang terjadi sepanjang tahun 2022.

Di 2022, RANC dan entitas anak melakukan realisasi investasi barang modal yang berupa penambahan aset tetap dan aset tidak lancar lainnya sejumlah Rp 54,7 miliar untuk keperluan operasional Perusahaan.

“RANC terus berinovasi memperbaiki pelayanan untuk terus mengembangkan bisnis dan menyesuaikan di era digital dan menjangkau pelanggan yang lebih luas. Untuk mewujudkan hal tersebut, RANC menjalin kerjasama strategis dengan Blibli.com dan kemitraan dengan penyedia layanan berbasis online,” lanjut dia.

Baca juga: Blibli Tiket Rewards Sekarang Bisa Digunakan di Jaringan Ranch Market, Ini Caranya

Di 2022, RANC berhasil melakukan inovasi yang signifikan dengan meluncurkan gerai Pasarina untuk pertama kalinya. Gerai ini merupakan inovasi besar dari RANC yang menggabungkan konsep pasar tradisional yang dibalut dengan teknologi era modern, AI (Artificial Intelligence) 3 Dimensi, di mall legendaris Indonesia, Sarinah Mall.

Di sisi operasional, hingga 31 Desember 2022, RANC telah mengoperasikan 70 toko di Jabodetabek, Surabaya, Malang, Gresik, Semarang, Dumai, Pekanbaru, Palembang, Balikpapan, Samarinda dan Ambon, yang terdiri dari 19 Ranch Market, 35 Farmers Market, 2 The Gourmet by Ranch Market, 3 Day2Day by Farmers Market, 10 Farmers Family by Farmers Market, dan 1 Pasarina.

Johartono menambahkan, inovasi-inovasi dalam pengembangan RANC akan terus dilakukan untuk upaya mengantisipasi setiap tantangan yang datang. Ini akan selalu menjadi peluang yang baik bagi RANC untuk terus bertumbuh dengan mempertahankan strategi pengembangan usaha.

Baca juga: Blibli.com Akuisisi Ranch Market

 


Inovasi tersebut juga didukung oleh kemampuan teknologi digital yang diimplementasikan seoptimal mungkin sehingga mempercepat dan memperkuat solusi omni channel yang diharapkan dapat tercapainya pertumbuhan kinerja yang terus berkesinambungan.

“Berbagai indikator menunjukkan prospek cerah yang akan menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah perlambatan kinerja ekonomi global. Kami yaknin, industri ritel sangat menjanjikan untuk terus berkembang di tahun-tahun mendatang, terlebih lagi dengan mulai menguatnya kembali daya beli masyarakat,” tutup Johartono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com