Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASDP Kebut Pembangunan Kawasan Terintegrasi Bakauheni Harbour City

Kompas.com - 08/06/2023, 18:26 WIB
Aprillia Ika

Editor

BAKAUHENI, KOMPAS.com - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terus mempercepat pembangunan Kawasan Bakauheni Harbour City (BHC). Update terakhir, progres Siger Market Mandiri di kawasan BHC telah mencapai 96 persen dan ditargetkan akan selesai pada akhir Juni 2023.

Gubernur Lampung yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Lampung, Fahrizal Darminto mengatakan, pihaknya mendukung pembangunan Kawasan Bakauheni Harbour City tersebut. Menurut dia, biasanya kawasan sekitar pelabuhan dikenal kurang ramah lingkungan dengan adanya banyak kendaraan besar yang melintas.

"Namun dengan program seperti ini maka kita menjadikan kawasan BHC sebagai tujuan wisata yang memiliki value tersendiri dan semoga dapat menjadi tujuan wisata bukan hanya bagi pemudik tapi juga masyarakat sekitar," ungkap Fahrial dalam keterangan pers ASDP, Kamis (8/6/2023). 

Baca juga: Meninjau Bakauheni, Erick Thohir Usul Bangun Penginapan Sekitar Pelabuhan

Direktur Perencanaan dan Pengembangan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Harry MAC menambahkan, pembangunan kawasan terintegrasi Bakauheni Harbour City terbagi dalam tiga tahap.

Pada Tahap I periode jangka waktu 2022-2025, terbagi menjadi Tahap IA untuk masa 2022-2025 dengan luas area pengembangan mencapai 41,9 hektar (ha).

"Pada tahap ini BHC difokuskan pada pembangunan yang menjadi prioritas Proyek Strategis Nasional (PSN) yakni berupa pengembangan fungsi utama pendukung aktivitas pelabuhan yaitu pembangunan theme park, hotel, dan komersial UMKM," katanya. 

Baca juga: Digitalisasi Jadi Strategi Pelindo II Cegah Suap di Kawasan Pelabuhan

Pada pembangunan BHC tahap I yang telah rampung dan diresmikan adalah Masjid BSI dan Selasar Siger BTN. Adapun proyek Menara Siger saat ini telah sampai di tahap 100 persen konstruksi dan ditargetkan dapat menyelesaikan pembangunan Amphitheather serta area parkir Siger Park.

Selain itu, progres Siger Market Mandiri telah mencapai 96 persen dan ditargetkan akan selesai pada akhir Juni 2023. Adapun untuk proyek Creative Hub BNI masih dalam pengerjaan mencapai 51 persen dan ditargetkan dapat rampung pada minggu ke-4 bulan Juli 2023.

Kemudian, untuk proyek Krakatau Park yang merupakan kerja sama ASDP dengan Jatim Park Group diharapkan dapat menjadi destinasi wisata berkonsep tempat bermain (theme park) dengan wahana yang melengkapinya. 

Wahana pelengkap antara lain ferrys wheels, taman bunga, gallery Krakatau, wahana air, 4D cinema, ghost house, bumper car, air bike, tornado, giant slide, airbon shoot, animal coaster, rodeo, dan dark side Krakatau.

Baca juga: Ratusan Penumpang Tidur di Pelabuhan Bakauheni, Kapal Tak Berlayar karena Gelombang Tinggi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com