Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba Bersih WIRG Melonjak 78 Persen pada Kuartal I-2023

Kompas.com - 09/06/2023, 16:40 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Emiten Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI), PT Wir Asia Tbk (WIRG) mencatat pertumbuhan kinerja positif sepanjang tahun 2022 hingga kuartal I-2023.

WIRG mencatatkan pendapatan neto kuartal I-2023 sebesar Rp 622,2 miliar atau tumbuh dibanding periode sama tahun sebelumnya sebesar Rp 301 miliar. Sementara itu, laba tahun berjalan kuartal I-2023 yang dapat diatribusikan ke pemilik entitas induk adalah Rp 26 miliar atau meningkat dibandingkan periode sama tahun sebelumnya Rp 14,6 miliar.

Sementara itu, sepanjang 2022, WIRG mencatatkan pendapatan neto sebesar 1,6 triliun atau naik dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp 605,5 miliar. Laba tahun berjalan yang diatribusikan ke pemilik entitas adalah Rp 48 miliar atau tumbuh dibanding tahun 2021 sebesar Rp 24,6 miliar.

Baca juga: Tumbuh 95,3 Persen, WIR Group Catat Laba Bersih Rp 48,1 Miliar di 2022

“WIR Group mencatat pertumbuhan usaha 179,8 persen di tahun 2022 dibandingkan tahun 2021. Pendapatan di kuartal I-2023, juga tumbuh 106,7 persen dibandingkan 2022,” kata Direktur Utama PT WIR Asia Michael Budi dalam public expose yang diselenggarakan di Jakarta, Jumat (9/6/2023).

Michael mengatakan, pertumbuhan kinerja WIRG terjadi berkat ekspansi pendapatan recurring Perseroan melalui platform solusi bisnis SaaS yang menggunakan teknologi imersif dengan fitur AR, VR, dan AI.

“Peningkatan kinerja ini menunjukkan fokus manajemen dalam menjalankan strategi pertumbuhan yang holistik atas seluruh unit bisnis,” ungkap Michael.

Michael meyakini bahwa teknologi imersif dan interaktif akan menjadi sebuah kebutuhan di masa depan. Di sisi lain, hal tersebut dinilai merupakan inovasi dan peluang baru bagi perseroan dalam memperluas strategi akan solusi teknologinya.

Baca juga: Bersama Grup Salim, WIR Asia Bentuk Perusahaan Patungan Metaverse Indonesia Makmur

“Dalam upaya meningkatkan performa Perseroan, WIR Group senantiasa berupaya untuk menawarkan solusi teknologi yang inovatif dan berguna melalui teknologi mutakhir untuk menjawab kebutuhan mitra bisnisnya,” lanjut Michael.

Michael menyebutkan, dengan era AI yang saat ini tengah menggeliat, pihaknya juga telah memberikan berbagai solusi bisnis kepada seluruh industri untuk menjawab tantangan pasar terkait teknologi masa depan.

“Pengembangan teknologi berbasis AI diharapkan mampu menciptakan peluang usaha baru dan menciptakan optimasi performa bisnis yang akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Indonesia sehingga dapat bersaing secara global,” lanjutnya.

Dalam memberikan solusi, WIR Group berupaya untuk membantu mitra bisnis dalam beradaptasi pada perilaku konsumen dan alur bisnis di era digital yang kompetitif. Inklusivitas menjadi kata kunci di WIR Group.

Khususnya dalam mengembangkan teknologi yang berbasis AR, VR, dan AI, penerapan AR dalam produk–produk WIR Group diharapkan bisa diterapkan ke dalam berbagai gawai, tidak hanya yang high end namun juga low end.

Pada RUPS hari ini, agenda WIR Group adalah untuk mendapatkan persetujuan pemegang saham terkait Laporan Tahunan dan Laporan Keuangan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2022, penetapan penggunaan laba bersih, penetapan KAP untuk Tahun

Baca juga: Mulai Besok, Indonesia Setop Ekspor Bauksit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com