Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Transjakarta Rute Bandara Soekarno-Hatta Segera Lakukan Simulasi Operasional

Kompas.com - 11/06/2023, 07:29 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) dalam waktu dekat akan melakukan simulasi operasional bus Transjakarta dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta. Layanan bus Transjakarta ini khusus untuk para pekerja di seluruh instansi yang ada di bandara.

Saat ini, AP II terus mematangkan rencana layanan Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta dengan melakukan beberapa pembahasan dengan instansi terkait. Terakhir, pembasan dilakukan pada Jumat (9/6/2023) antara Angkasa Pura II dan PT Transportasi Jakarta.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, pembahasan ini sebagai tindaklanjut dari usulan layanan Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta yang disampaikan saat pertemuan dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono beberapa waktu lalu.

Baca juga: Apa Kabar Wacana Koridor Bus TransJakarta sampai Bandara Soetta?

"Rencana layanan bus Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta telah melalui pembahasan beberapa kali, antara AP II selaku pengelola bandara dengan Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan PT Transportasi Jakarta," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (10/6/2023).

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Welfizon Yuza menambahkan, layanan Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta akan dilengkapi dengan perizinan rute yang dilayani.

"Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta juga dipastikan memenuhi standar layanan minimum, tidak boleh di luar ini, termasuk terkait dengan headway (selisih antar waktu keberangkatan bus)," ucap Welfizon.

Baca juga: Cara Menggunakan Tije Locker, Penitipan Barang di Halte TransJakarta


Adapun layanan bus Transjakarta dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta nantinya akan menjadi satu kesatuan ke dalam jaringan operasional dan konektivitas Transjakarta.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda Wicaksana menuturkan, telah dilakukan survei dengan responden para pekerja di bandara untuk mendapatkan masukan rute mana yang nantinya dilayani oleh bus Transjakarta.

"Agar kebutuhan layanan rute yang tepat sasaran dan juga memertimbangkan waktu tempuh," kata Dwi.

Baca juga: Halte Bundaran HI Sempat Bocor, Transjakarta: Masih Tanggung Jawab Kontraktor

Kajian secara peraturan juga dilakukan mencakup mengenai trayek, rute dan hal-hal lainnya agar operasional bus Transjakarta tetap sesuai regulasi yang berlaku.

"Seluruh layanan di Bandara Soekarno-Hatta, termasuk transportasi publik harus mematuhi dan memenuhi semua regulasi," tutur Dwi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com