Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laga Indonesia vs Argentina Berpotensi Ciptakan Perputaran Uang Hampir Rp 1 Triliun

Kompas.com - Diperbarui 19/06/2023, 07:18 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertandingan sepak bola FIFA Matchday Indonesia vs Argentina diperkirakan akan memberikan dampak positif kepada perekonomian Indonesia. Terlebih lagi, pertandingan ini disambut animo masyarakat yang cukup tinggi.

Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) melaporkan, FIFA Matchday Indonesia vs Argentina berpotensi menciptakan tambahan perputaran uang (output ekonomi) bagi perekonomian Indonesia sekitar Rp 965 miliar.

"FIFA Matchday membuka peluang Indonesia untuk memperbaiki citra, menjaga antusiasme masyarakat, sekaligus menciptakan manfaat ekonomi guna mendukung pengembangan industri sepak bola di dalam negeri," tulis Peneliti LPEM FEB UI, Yusuf Reza Kurniawan, Mohamad Dian Revindo, dan Calista Endrina Dewi, dikutip Minggu (18/6/2023).

Baca juga: Penjualan Jersey Seri Timnas Indonesia dan Argentina di Blibli Naik 30 Persen

Dari angka tersebut diperkirakan tercipta nilai tambah ekonomi (Produk Domestik Bruto) sebesar Rp 495 miliar.

Dari nilai tambah ekonomi tersebut pula akan tercipta pula tambahan pendapatan rumah tangga pekerja sebesar Rp 188 miliar.

Tidak hanya itu, pertandingan Indonesia vs Argentian ini juga berpotensi menyumbang penerimaan pajak tidak langsung bagi pemerintah sebesar Rp 28 miliar. Lalu, terdapat pula potensi penciptaan kesempatan kerja sekitar 5.719 orang.

Baca juga: Indonesia Vs Argentina, Pemain Timnas, Wasit, dan Penonton Dapat Asuransi IFG Life

Baca juga: Argentina Juara Dunia di Tengah Krisis Ekonominya yang Parah

Adapun sektor yang akan terdampak langsung dari pertandingan tersebut adalah penyediaan makanan dan minuman sebesar Rp 249,70 miliar. Selanjutnya, jasa kesenian, hiburan dan rekreasi sebesar Rp 236,58 miliar.

"Dari aspek ekonomi, potensi dampak positif dari FIFA Matchday dapat melampaui biaya yang dikeluarkan untuk mendatangkan Timnas Argentina," katanya.

Adapun match fee yang dibayarkan Indonesia demi bertanding melawan timnas Argentina disebut-sebut sebesar 5 juta dollar AS atau sekitar Rp 75 miliar (kurs Rp 15.000 per dollar AS). Pertandingan Indonesia vs Argentina bakal digelar Senin (19/6/2023). (Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Khomarul Hidayat)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Perputaran Uang Laga Indonesia vs Argentina Diprediksi Capai Rp 965 Miliar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com