Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Mau Tukar Uang Baru di Bank DKI? Simak Jadwal dan Lokasinya

Kompas.com - 21/03/2024, 22:00 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjelang Lebaran, Bank Pembangunan Daerah Khusus Ibu kota Jakarta atau Bank DKI menyediakan layanan penukaran uang baru untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat.

Penyediaan layanan tersebut sejalan dengan program Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) Bank Indonesia 2024. Program ini diselenggarakan sebagai bagian dari upaya memenuhi peningkatan kebutuhan uang rupiah menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri 2024.

Sebagai informasi, Bank Indonesia (BI) telah mempersiapkan uang layak edar (ULE) sejumlah Rp 197,6 triliun melalui 449 titik layanan kas keliling dan 4.264 titik layanan penukaran perbankan.

Baca juga: Teknologi dan Edukasi, Kunci Cegah Kejahatan Perbankan

Layanan tersebut akan tersedia mulai Kamis (15/3/2024) hingga Jumat (5/4/2024). Salah satu dari titik layanan ini akan diselenggarakan melalui kantor cabang Bank DKI.

Direktur Teknologi dan Operasional sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama (Dirut) Bank DKI Amirul Wicaksono mengatakan bahwa layanan penukaran uang tersebut bertujuan memberikan kemudahan bagi nasabah dalam mempersiapkan kebutuhan uang tunai selama libur Idul Fitri 2024.

Layanan penukaran uang akan tersedia dari Senin (1/4/2024)  hingga Jumat (5/4/2024 di 15 kantor cabang Bank DKI, mulai pukul 08.00 Waktu Indonesia Barat (WIB) sampai pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Lewat Jakonik, Bank DKI Ajak Masyarakat Kembangkan Kebun Hidroponik

Adapun 15 kantor cabang tersebut antara lain Cabang Balai Kota, Cabang Juanda, Cabang Wali Kota Jakarta Pusat, Cabang Pintu Besar Selatan, Cabang Tanjung Priok, Cabang Wali Kota Jakarta Utara (Jakut), dan Cabang Matraman.

Kemudian, Cabang Otista, Cabang Wali Kota Jakarta Timur (Jaktim), Cabang Wali Kota Jakarta Selatan (Jaksel), Cabang Wali Kota Jakarta Barat (Jakbar), Cabang Permata Hijau, Cabang Syariah Pondok Indah, dan Cabang Syariah Wahid Hasyim.

Seluruh kantor cabang tersebut telah terdaftar pada Loket Penukaran Serambi Bank Indonesia 2024.

Selain layanan penukaran di loket cabang, Bank DKI juga akan membuka layanan Kas Keliling di Hall Badminton Gelora Bung Karno (Istora) pada Kamis (28/3/2024) sampai Minggu (31/3/2024), mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, BRI Siapkan Uang Tunai Rp 34 Triliun

Bank DKI siapkan uang tunai beserta infrastruktur

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi, mengatakan bahwa Bank DKI telah menyiapkan uang tunai beserta infrastruktur dan layanan pendukung, seperti anjungan tunai mandiri (ATM) dan layanan kas keliling sesuai arahan dari BI.

Ia berharap, langkah tersebut dapat membantu nasabah Bank DKI dalam memenuhi berbagai kebutuhan selama bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2024.

“Melalui kesiapan Bank DKI dalam melakukan pemenuhan kebutuhan uang tunai tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi positif pada perputaran uang di masyarakat dan pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Arie.

Baca juga: Dukung Pertumbuhan Ekonomi di Maluku Utara, IWIP Gelar Pembinaan UMKM di Weda Tengah

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi laman situs resmi Bank DKI di www.bankdki.co.id atau mengakses akun media sosial (medsos) resmi Bank DKI @bank.dki.

Di situs website dan medsos tersebut, Anda akan mendapatkan pembaruan terkait jadwal dan lokasi penukaran uang baru, serta informasi lainnya yang relevan dengan layanan yang disediakan oleh Bank DKI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com