Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bapanas Soroti 4 Bahan Pokok yang Masih Mahal

Kompas.com - 13/05/2024, 11:33 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pangan Nasional (Bapanas) mengungkapkan ada 4 komoditas bahan pokok atau bapok yang harganya mahal  bahkan sudah melebihi dari Harga Eceren Terbatas (HET) yang ditetapkan pemerintah.

“Terkait pantauan harga, sampai 11 Mei ini menunjukkan ada beberapa komoditas yang harganya sudah di atas HET yakni beras, bawang merah, gula konsumsi, minyak goreng curah,” ujar Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Bapanas Noto Suwignyo dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2024 secara virtual, Senin (13/5/2024).

Noto menjelaskan, di zona 3 yakni Maluku dan Papua, jenis beras premium naik 25 persen dari HET-nya atau menjadi Rp 19.839 per kilogram. HET beras premium untuk zona 3 ini telah ditetapkan sebesar Rp 15.800 per kilogram.

Baca juga: Bapanas Siapkan Revisi Perpres Bantuan Pangan untuk Atasi Kemiskinan Esktrem

Menurut dia kenaikan ini terjadi lantaran Maluku dan Papua merupakan daerah atau wilayah yang bukan merupakan produksi beras.

“Karena wilayah atau zona 3 tidak merupakan wilayah penghasil beras sehingga ada proses dan distribusi yang membutuhkan waktu yang lama,” jelasnya.

Kemudian beras medium juga naik di zona 1 yang meliputi Jawa, Lampung, Sumsel, Bali, NTB, Sulawesi, sebesar 6 persen dari HET beras medium atau sudah mencapai Rp 13.264 per kilogram.

Kenaikan ini dikarenakan masih ada beberapa wilayah yang belum melakukan penyesuaian HET pasca adanya perubahan HET beberapa bulan yang lalu.

Baca juga: Bapanas Ungkap Alasan HET Beras SPHP Naik

Sementara bawang merah mengalami kenaikan sebesar 19 persen dari HET-nya yang bertengger di angka Rp 49.419 per kilogram. HET bawang merah ditetapkan Rp 36.500-41.500 per kilogram.

Lalu untuk gula pasir sudah menembus Rp 18.491 per kilogram. Papua jadi provinsi yang harga gulanya paling mahal yakni Rp 30.750 per kilogram.

Komoditas terakhir yang mengalami kenaikan adalah minyak goreng curah yang naik menjadi Rp 15.915 per liter. Angka itu telah naik sebesar 13 persen dari HET-nya yakni Rp 14.000 per liter.

Baca juga: Bapanas Tugaskan ID Food Impor 20.000 Ton Bawang Putih Asal China

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com