Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Tips untuk Menjadi Kandidat yang Disukai dalam Wawancara Kerja

Kompas.com - 13/05/2024, 19:00 WIB
Filipi Jhonatan Partogi Situmorang,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam dunia kerja, tak hanya keterampilan dan pengalaman yang menjadi kunci kesuksesan, namun juga tingkat kesukaan. Artinya, percakapan dalam wawancara kerja menjadi penting, karena dapat memengaruhi bagaimana Anda dipandang oleh calon pemberi kerja.

Dikutip dari US News, Senin (13/5/2024) Dalam upaya memperoleh pekerjaan, berikut adalah sembilan tips yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan kesukaan Anda sebagai calon karyawan:

Baca juga: [POPULER MONEY] Perbedaan Kondisi Ekonomi Saat Ini dengan Krisis 1998 | Cara Menjawab Apakah Ada Pertanyaan? Saat Wawancara Kerja

1. Jangan Terlalu Terfokus pada Dirimu Sendiri

Daripada terlalu memikirkan bagaimana Anda terlihat, berfokuslah pada ketertarikan terhadap orang yang sedang mewawancarai Anda. "Kurangi kekhawatiran tentang menjadi menarik dan fokus lebih pada menjadi tertarik."

2. Jangan Terlalu Menganalisis Calon Pemberi Kerja

Melakukan riset sebelum wawancara adalah penting, tetapi jangan sampai terlalu berlebihan. Mengenali siapa yang akan mewawancarai Anda adalah hal yang baik, namun, jangan sampai melakukan analisis berlebihan yang dapat membuat suasana menjadi tidak nyaman.

3. Berikan Persiapan yang Cukup

Sebelum wawancara, lakukan riset tentang perusahaan dan posisi yang Anda lamar. Mengetahui informasi yang cukup tentang perusahaan dapat membuat Anda terlihat lebih siap dan berkompeten di mata pemberi kerja.

Baca juga: Pertanyaan Umum tapi Menjebak dalam Wawancara Kerja, Apa Itu dan Bagaimana Cara Jawabnya?

 


4. Atasi Kecemasan Anda

Mengatasi kecemasan sebelum wawancara dapat membantu Anda tampil lebih baik. Jessica Sweet, seorang terapis dan pelatih karier, menyarankan untuk melakukan kegiatan yang dapat membantu Anda menenangkan pikiran, seperti menari atau meditasi.

5. Jadilah Dirimu Sendiri

Keaslian adalah kunci. Jangan takut untuk menunjukkan sisi yang sebenarnya dari diri Anda. Meskipun Anda mungkin merasa tertekan untuk mencapai posisi tersebut, menjadi diri sendiri adalah yang terbaik.

6. Tunjukkan Ketertarikan Anda

Menunjukkan rasa ingin tahu tentang perusahaan dan posisi yang Anda lamar adalah hal yang penting. Hal ini dapat menunjukkan kepada pemberi kerja bahwa Anda sungguh-sungguh tertarik dengan posisi tersebut.

Baca juga: Cara Menjelaskan Alasan Dipecat atau Terdampak PHK Saat Wawancara Kerja

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com