Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AXA Mandiri Lakukan Penyesuaian Premi Imbas dari Tingginya Inflasi Medis

Kompas.com - 14/05/2024, 18:30 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT AXA Mandiri Finansial Service (AXA Mandiri) mengatakan, pihaknya melakukan penyesuaian premi asuransi kesehatan terkait dengan peningkatan inflasi medis dan klaim asuransi kesehatan yang dirasakan perusahaan.

Presiden Direktur AXA Mandiri Handojo G. Kusuma menyampaikan, penyesuaian premi ini juga terjadi di industri secara umum. Hal ini lantaran industri asuransi juga terpengaruh oleh inflasi medis dan faktor-faktor lain.

"Ada, ada (penyesuaian), karena di industri kan juga melakukan penyesuaian," kata dia dalam konferensi pers, Selasa (14/5/2024).

Namun demikian, ia enggan menjelaskan lebih jauh terkait persentase penyesuaian yang dilakukan AXA Mandiri.

"Kami lihat dengan kesesuaian saja dari antar premi dengan kenaikan medical inflasi dan claim experience," imbuh dia.

Baca juga: Allianz Life Pantau Efek Inflasi Medis ke Harga Premi Asuransi

Handojo menjelaskan, penyesuaian premi tersebut juga disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan pasar.

"Kami tidak bisa naik semena-mena juga. Kami juga memonitor dengan pergerakan dari premi yang memadai itu seperti apa di pasar," terang dia.

Sepanjang 2023, AXA Mandiri mencetak laba bersih setelah pajak senilai Rp 1,33 triliun sepanjang 2023. Angka tersebut tumbuh 13,2 persen secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu senilai Rp 1,17 triliun.

Baca juga: Tingginya Inflasi Medis Tidak Hanya Terjadi di Indonesia

AXA Mandiri telah membayarkan total klaim bruto sebesar Rp 10,11 triliun di 2023. Perusahaan memperoleh pendapatan premi bruto sebesar Rp 11,682 triliun.

Dari jumlah tersebut, terlihat tren peningkatan pada premi dari nasabah baru yang tercermin pada pertumbuhan 5,2 persen untuk premi tahun pertama menjadi sebesar Rp 1,69 triliun. Aset AXA Mandiri tercatat senilai Rp 41,11 triliun, atau tumbuh 2 persen secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com