Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

41 PSN Senilai Rp 544 Triliun Dikebut Rampung 2024, Ini Kendala Pembangunannya

Kompas.com - 14/05/2024, 20:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah tengah mengebut penyelesaian 41 proyek strategis nasional (PSN) senilai Rp 544 triliun yang ditargetkan rampung tahun ini.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, beberapa dari 41 PSN tersebut terkendala pada masalah perizinan, pelepasan kawasan hutan, pengadaan lahan, pembiayaan, dan kontruksi.

"Di tahun 2024 itu ada kira-kira 41 project dengan nilai Rp 554 triliun yang harus diselesaikan," ujarnya saat membuka Rakernas Percepatan dan Pra-Evaluasi PSN di Hotel Park Hyatt, Jakarta, Selasa (14/5/2024).

Oleh karenanya, pemerintah memberikan sejumlah dukungan untuk mempercepat penyelesaian masalah perizinan hingga konstruksi itu agar 41 PSN bisa diselesaikan sesuai target.

Baca juga: Pemerintah Beberkan Alasan PIK 2 dan BSD Masuk Daftar PSN

Dukungannya berupa memfasilitasi percepatan perizinan dan koordinasi dengan K/L teknis terkait, mempercepat izin pinjam pakai dan pelepasan kawasan hutan, dukungan pembiayaan pengadaan tanah, percepatan financial close, hingga pemberian izin pembebasan bea masuk impor peralatan konstruksi.

"Bapak Presiden minta masalah penyediaan lahan, pelepasan kawasan hutan, perizinan pihak ketiga, alokasi anggaran, dan percepatan perizinan untuk segera diselesaikan," ucapnya.

Dia mengungkapkan, apabila 41 PSN ini tidak rampung dikerjakan tahun ini, maka akan dilanjutkan oleh pemerintahan berikutnya yang dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Adapun PSN yang pasti dilanjutkan ialah proyek-proyek yang sudah memasuki tahap konstruksi dan telah mendapatkan kepastian pendanaan (financial closing) sehingga dia memastikan 41 PSN ini pasti dilanjutkan di tahun berikutnya.

"Yang tidak dilanjutkan atau distop itu karena belum kontruksi," tegasnya.

Baca juga: BSD dan PIK 2 Masuk PSN, Kemenko Perekonomian: Tidak Ada Pertimbangan Politis..


Sebagai informasi, selama 8 tahun terakhir terdapat 198 PSN senilai Rp 1.614 triliun telah rampung dikerjakan. Rinciannya 32 proyek dan 10 program beroperasi sebagian, 44 proyek dan 3 program dalam proses konstruksi, dan sisanya telah beroperasi penuh.

Penyelesaian 198 PSN ini diklaim memberikan dampak ke perekonomian RI berupa investasi sebesar Rp 3.344 triliun dan menyerap 2,71 juta tenaga kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com