Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MSIG Life Bayar Klaim Meninggal Dunia dan Kesehatan Rp 164 Miliar per Kuartal I 2024

Kompas.com - 14/05/2024, 21:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MSIG Life Insurance Indonesia Tbk (MSIG Life) membayar klaim meninggal dunia dan kesehatan sebesar Rp 164 miliar selama kuartal I-2024.

Klaim kesehatan ini tumbuh 20 persen secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

CEO and Presiden Direktur MSIG Life Wianto Chen menyampaikan, dari jumlah klaim tersebut, mayoritas berasal dari klaim kesehatan.

“Dari klaim yang sudah kami bayarkan, klaim kesehatan meningkat 20 persen dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya. Salah satunya penyebabnya adalah inflasi medis yang meningkat selama beberapa tahun terakhir,” kata dia dalam keterangan resmi, Selasa (14/2/2024).

Ia menambahkan, klaim kesehatan baik individu dan nasabah kumpulan MSIG Life terbanyak disebabkan karena berbagai penyakit seperti Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), infeksi pencernaan, thypus hingga Demam Berdarah Dengue (DBD).

Baca juga: Gandeng Bank Sinarmas, MSIG Life Sasar Nasabah Asuransi Usia Produktif

Sementara itu, Head of Customer and Marketing MSIG Life Lukman Auliadi menyampaikan, tingginya kasus klaim atas beberapa penyakit seperti DBD, ISPA hingga infeksi pencernaan perlu diwaspadai.

"Untuk itu, perusahaan mengajak masyarakat Indonesia untuk terus menjaga gaya hidup sehat, memperhatikan asupan nutrisi, menjaga lingkungan sekitar tetap bersih dan berolahraga dengan cukup khususnya di musim pancaroba seperti saat ini," imbuh dia,

Lebih lanjut, MSIG Life mencatat risk based capital (RBC) sebesar 1.998 persen pada Maret 2024. Angka tersebut di atas ketentuan minimum dari regulator sebesar 120 persen.

Baca juga: MSIG Life Cairkan Klaim Kesehatan dan Kematian Rp 608 Miliar Sepanjang 2023


Sebelumnya, MSIG Life membayarkan total klaim kesehatan dan meninggal dunia lebih dari Rp 608 miliar sepanjang 2023.

Pembayaran klaim kesehatan meningkat 39 persen sepanjang 2023 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sepanjang 2023, penyakit yang paling banyak diklaim oleh nasabah individu dan nasabah kumpulan MSIG Life, antara lain kanker, penyakit jantung, penyakit tulang dan sendi, penyakit pencernaan, dan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com