Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Mineral dan Kendaraan Listrik, Investasi Korea di Indonesia Besar di Sektor Ini

Kompas.com - 15/05/2024, 11:08 WIB
Nabilla Tashandra,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

SEOUL, KOMPAS.com - Investasi Korea Selatan ke Indonesia cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Termasuk salah satunya adalah electric vehicle (EV) atau kendaraan listrik.

Meski investasi Korea dalam bidang keuangan, mineral, dan ekosistem EV besar, ternyata ada beberapa sektor lain yang juga memiliki potensi investasi besar.

"Sebetulnya nilai analisis investasi dari Korea yang terbesar ada di sektor manufaktur. Mungkin ini terkait dengan keunggulan teknologi Korea," ujar Sekretaris Pertama Fungsi Ekonomi, Investasi, dan Perdagangan KBRI Seoul, Sita Nurfitriani di Seoul, Selasa (14/5/2024).

Baca juga: Bebas Visa ke Korea Selatan, Mengapa Tak Kunjung Terwujud?

Sita menambahkan, sektor lainnya yang juga tampak potensial antara lain kimia dan farmasi.

Koordinatot Fungsi Politik KBRI Seoul Rina Fitriyah Wahyuningsih,
Kuasa Usaha Ad Interim Zelda Wulan Kartika, Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Seoul Teuku Zulkaryadi, Sekretaris Pertama Fungsi Ekonomi, Investasi, dan Perdagangan KBRI Seoul, Sita Nurfitriani di KBRI Seoul, Selasa (14/5/2024).KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Koordinatot Fungsi Politik KBRI Seoul Rina Fitriyah Wahyuningsih, Kuasa Usaha Ad Interim Zelda Wulan Kartika, Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Seoul Teuku Zulkaryadi, Sekretaris Pertama Fungsi Ekonomi, Investasi, dan Perdagangan KBRI Seoul, Sita Nurfitriani di KBRI Seoul, Selasa (14/5/2024).

Adapun ketertarikan Korea dalam sejumlah sektor investasi menurutnya sejalan dengan kebijakan pemerintah Indonesia terhadap pengembangan hilirisasi industri mineral.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com